Jajang C Noer: Memang Target Film G30S/PKI agar Orang Membenci PKI

Kompas.com - 23/09/2017, 13:24 WIB
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Pengkhianatan G30S PKI kembali menjadi perbincangan publik setelah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan ide nonton bareng (nobar) film yang mengisahkan Peristiwa 1965 itu.

Masyarakat pun terbelah menyikapi film ini, ada yang pro, namun ada juga yang kontra.

Jajang C Noer, istri dari sutradara film Arifin C Noer mengakui film tersebut memang dibuat dengan tujuan agar orang membenci Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Memang target film itu, mesti saya tekankan sekali lagi supaya kita membenci PKI. Supaya kita mengerti bahwa PKI tidak benar. Ya, kalau mau dikatakan jahat," kata Jajang dalam talkshow Perspektif Indonesia di Jakarta, Sabtu (23/9/2017).

 

(baca: Ketika Generasi Z Tonton Film G30S/PKI...)

Jajang tidak menampik bila ada yang menganggap film karya suaminya itu merupakan satu bentuk propaganda dari pemerintah berkuasa saat itu, yakni pemerintahan Orde Baru.

"Bahwa itu dikatakan propaganda Soeharto, ya apa boleh buat. Soeharto memang ada di peristiwa tersebut. Dia kepala pemerintahan dan yang mengongkosi itu semua," imbuh Jajang.

Jajang menambahkan, sang sutradara tidak pernah mengira sebelumnya bahwa film itu akan diputar setiap tahun jelang 30 September. Bahkan anak-anak sekolah diwajibkan menonton.

(baca: Warga Antusias Nonton Bareng Film G30S/PKI di Markas Kopassus)

Sepengetahuan si pembuat film, film docudrama itu hanya akan menjadi semacam arsip nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.