Kompas.com - 20/09/2017, 20:10 WIB
Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (6/9/2017) Kompas.com/Robertus BelarminusJuru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (6/9/2017)
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan bahwa secara umum kondisi kesehatan Ketua DPR RI Setya Novanto yang kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, berangsur membaik.

Hal itu diungkapkan Febri usai penyidik dan dokter KPK kembali mendatangi rumah sakit Premier Jatinegara dan mendapatkan keterangan dari dokter rumah sakit tempat Novanto dirawat.

"Secara umum sebagaimana disampaikan pihak dokter RS. Kondisi pasien lebih membaik dibanding hari Senin lalu," kata Febri melalui pesan singkatnya, Rabu (20/9/2017).

Menurut Febri, kondisi jantung pasca-pemeriksaan kateterisasi dan pemasangan ring pun lebih baik. Tekanan darah juga relatif stabil.

Namun, KPK tidak sempat berbicara dan melakukan pemeriksaan kepada Ketua Umum Partai Golkar tersebut lantaran ia sedang tidur.

"KPK diberikan kesempatan masuk ke ruang tempat SN dirawat. Pasien sedang istirahat (tidur) tanpa pemasang oksigen dengan infus yang terpasang," kata dia.

(Baca juga: Soal Pemeriksaan, KPK Tunggu Kesehatan Setya Novanto Membaik)

Menurut Febri, hasil kunjungan penyidik dan dokter KPK tersebut akan dilaporkan ke pimpinan lembaga antirasuah itu. Ini termasuk untuk membahas apakah perlu meminta pendapat kedua ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Tim akan membawa hasil pengecekan selama dua kali ini pada proses pembahasan di internal KPK dan melaporkan lebih lanjut ke pimpinan," kata Febri.

"Apakah KPK akan meminta second opinion ke IDI atau tidak, akan dipertimbangkan dan diputuskan dari hasil pembahasan ini," tutur dia.

Penyidik dan dokter KPK sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan Novanto pada Senin (18/9/2017) kemarin.

Febri mengatakan, pada saat itu penyidik dan dokter KPK menemui dokter operator di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu KPK meminta informasi medis Novanto.

Dari koordinasi itu didapat informasi bahwa sudah dilakukan tindakan pemeriksaan dan pemasangan ring terhadap Novanto. Disampaikan dokter, lanjut Febri, pemasangan ring pada Novanto berjalan baik.

Kompas TV Tim KPK juga sudah melihat sendiri kondisi Novanto saat sedang beristirahat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.