Tifatul Sembiring: Saya Bukan Penyebar Info Hoaks

Kompas.com - 05/09/2017, 19:50 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS Tifatul Sembiring di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2017). KOMPAS.com/Nabilla TashandraWakil Ketua Fraksi PKS Tifatul Sembiring di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2017).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com – Politisi Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring mengklarifikasi kesalahannya mengunggah foto hoaks pengungsi Rohingya.

Foto itu diposting melalui akun Twitter Tifatul.  

Dalam klarifikasinya, Selasa (5/9/2017), Tifatul mengatakan bahwa ia bukan penyebar hoaks. 

“Anda bisa cek tweet di TL (timeline) saya, dan saya bukan penyebar info hoaks. Namun kesalahan-kesalahan kutip dan posting mungkin saja terjadi,” kata Tifatul, melalui akun Twitter-nya, @tifsembiring. 

Menurut Tifatul, saat mengunggah foto yang kemudian diketahui hoaks, ia tengah bersemangat mengikuti isu pembantaian etnis muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

Baca: Unggah Foto 'Hoax' Pembantaian Rohingya, Tifatul Minta Maaf

Saat itu, ia dikirimi foto oleh salah seorang temannya. Ia lantas mengunggah foto tersebut melalui akun Twitter-nya dan meneruskannya ke Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat (AS) Akhmad Sahal.

Sahal langsung mengoreksi foto yang sebenarnya menggambarkan peristiwa Tai Bak di Thailand pada 2004 silam.

Tifatul juga mengaku telah meminta maaf kepada Sahal. 

Menurut dia, kesalahan mengunggah sesuatu merupakan hal biasa, dan kemudian diralat.

“Saya mengajak teman-teman semua, agar tetap fokus kepada isu pembantaian etnis Rohingya. Menghargai usaha-usaha pemerintah RI untuk solusinya,” lanjut mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu.

Baca: Tifatul: Saya Amati Presiden Jokowi Semakin Kurus, Saya Doakan...

Sebelumnya Politisi PKS Tifatul Sembiring mengaku keliru mengunggah foto korban pembantaian etnis muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar di akun Twitter pribadinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X