Ketua MPR Ajak Masyarakat Tiru Para Pendiri Bangsa dalam Sikapi Perbedaan

Kompas.com - 16/08/2017, 11:51 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan pidato pada sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGKetua MPR Zulkifli Hasan memberikan pidato pada sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengajak masyarakat Indonesia meniru para pendiri bangsa dalam menyikapi peebedaan. Hal itu disampaikan Zulkifli dalam pidato Sidang Tahunan MPR dalam menyikapi perbedaan yang identitas dan gagasan yang ada.

Ia mencontohkan persahabatan antara IJ. Kasimo selaku tokoh katolik dan Mohamad Natsir selaku tokoh Islam. Keduanya berbeda pendapat dalam sidang konstituante terkait dasar negara. Namun, mereka tetap bersahabat setelah berdebat panjang di sidang konstituante.

"Kita ingat bagaimana kisah persabatan Pak Kasimo dan Pak Natsir yang bersepeda bersama setelah debat sengit di parlemen," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

(Baca: Di Tengah Kritik terhadap Wakil Rakyat, Jokowi Puji Kinerja DPR)

Ia juga menceritakan persahabatan antara Presiden Sukarno dan Mohammad Hatta tetap terjaga meski keduanya kerap berbeda pandangan dalam hal demokrasi. Demikian pula ketika Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) yang bersedia mengimami shalat jenazah Bung Karno yang pernah memenjarakannya tanpa proses peradilan.

"Para Bapak Bangsa kita sudah mencontohkan bahwa perbedaan pendapat dalam bernegara tak membuat hubungan pribadi merenggang dan menjauh. Saat di balik pangggung politik mereka adalah pribadi-pribadi yang agung, rendah hati, dan bersahabat," lanjut dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X