Jokowi Minta Indonesia Tak Hanya Jual Kopi, namun Juga Pasok "Barista"

Kompas.com - 15/08/2017, 22:36 WIB
Presiden Joko Widodo saat mencoba kopi khas Bali, Mengani Kopi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8/2017). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo saat mencoba kopi khas Bali, Mengani Kopi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8/2017).
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ingin Indonesia tidak hanya merajai pasar kopi di dunia. Jokowi juga ingin Indonesia menjadi negara pemasok peracik kopi atau barista andal untuk dunia.

"Negara yang memiliki kegemaran ngopi, kopinya dari Indonesia ada, barista-nya juga siap. Ini akan kita garap besar-besaran. Ya jadi jangan jualan kopi mentah lagi," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Jokowi mengatakan, sektor kopi saat ini bukan hanya melulu soal biji kopi yang kemudian diolah menjadi minuman.

Kopi, kini sudah menjadi industri yang potensial mengangkat ekonomi nasional jika digarap secara baik.

(Baca juga: Beli Kopi Susu, Jokowi Apresiasi Pengusaha yang Kembangkan Produk Lokal)

Untuk mencetak barista-barista andal, lanjut Jokowi, tidak perlu waktu lama. Pelatihan untuk menjadi barista mungkin hanya sekitar satu pekan saja. Sisanya, soal kreativitas sang barista.

"Sehingga bisa saja nanti menjadi barista di rumah-rumah pribadi, barista di kafe-kafe. Itu kira-kira goal-nya," ujar Jokowi.

Timur Tengah, menurut Jokowi, merupakan kawasan yang potensial bagi barista-barista Indonesia untuk berkarya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X