Kompas.com - 07/08/2017, 12:26 WIB
Presiden Joko Widodo bermain tenis meja usai melepas kontingen Sea Games di halaman tengah Istana Presiden, Jakarta, Senin (7/8/2017). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo bermain tenis meja usai melepas kontingen Sea Games di halaman tengah Istana Presiden, Jakarta, Senin (7/8/2017).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memotivasi sebanyak 533 atlet yang akan berlaga pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Motivasi untuk para atlet ini disampaikannya dalam pidato pelepasan kontingen di Halaman Tengah, Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8/2017).

"Ingatlah bahwa di sana Saudara-Saudara mewakili Indonesia, negara yang sudah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games. Ini perlu diingatkan," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, 250 juta penduduk Indonesia mendukung penuh para atlet.

Masyarakat Indonesia akan selalu mendukung apa pun hasil yang diraih.

"Ketika Saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Saat saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga bersorak gembira. Sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlet Indonesia," ujar Jokowi.

Baca: Menpora Optimistis Voli Akan Mampu Lebihi Target di SEA Games 2017

Ia menekankan, satu hal yang lebih penting daripada meraih medail yakni perjuangan para atlet menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang bersaing, dan bangsa bermental pemenang serta menjunjung tinggi fair play.

"Yang menjadi sumber inspirasi, sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia yang akan menyaksikan perjuangan Saudara-saudara," ujar Jokowi.

"Saya ucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia, mengharumakan nama bangsa. Dari Tanah Air, saya akan menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games ke-29 dan bendera merah-putih berkibar mewakili kebanggaan bangsa Indonesia," lanjut dia.

Diketahui, 533 atlet tersebut dibagi ke dalam 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Cabang olahraga itu di antaranya, futsal, sepak bola, taekwondo, voli, dan ski air.

Turut hadir dalam pelepasan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua KOI Erick Thohir, dan Kepala Kontingen Indonesia untuk SEA Games Azis Syamsudin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.