Kompas.com - 21/07/2017, 20:00 WIB
Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Mallarangeng  di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/7/2017). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINAndi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Mallarangeng di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/7/2017).
|
EditorSabrina Asril


JAKARTA, KOMPAS.com - Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/7/2017). Choel dipindahkan setelah putusan hakim terhadapnya telah berkekuatan hukum tetap.

"Hari telah dilakukan eksekusi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, dalam sidang putusan, Choel menyatakan menerima vonis yang diputuskan majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta. Choel menyatakan siap menjalani masa hukuman 3,5 tahun penjara.

"Terima kasih kepada majelis hakim yang terhormat. Saya menerima putusan yang telah ditetapkan, saya ikhlas menjalani hukuman atas kekhilafan yang telah saya lakukan," ujar Choel seusai hakim membacakan amar putusan.

(Baca: Choel Mallarangeng: Saya Ikhlas Jalani Hukuman atas Kekhilafan Saya)

Selain hukuman 3,5 tahun penjara, Choel juga diwajibkan membayar denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan.

Menurut hakim, Choel terbukti memperkaya diri sendiri dan orang lain dalam proyek pembangunan P3SON di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dalam proyek itu, Choel juga terbukti merugikan keuangan negara sebesar Rp 464,3 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2009, Choel bersama-sama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng ikut mengarahkan proses pengadaan barang/jasa proyek pembangunan P3SON di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

(Baca: Hakim Kesampingkan Surat Choel soal Pelaku Utama Kasus Hambalang)

Choel terbukti ikut serta memenangkan perusahaan tertentu dalam proses lelang yang dilakukan tanpa memenuhi persyaratan yang berlaku.

Choel dan Andi Mallarangeng terbukti menerima uang sebesar Rp 2 miliar dan 550.000 dollar AS. Uang tersebut diterima melalui Choel secara bertahap dari sejumlah pihak.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.