Kompas.com - 12/07/2017, 14:09 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeriksaan kasus suap pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi terus berlanjut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil tiga orang dari pihak BPK untuk diperiksa sebagai saksi bagi Rochmadi Saptogiri, pejabat BPK yang jadi salah satu tersangka kasus suap ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, tiga orang dari pihak BPK yang dipanggil sebagai saksi yakni Kasub Tim 2 Fitriyadi, PNS/Auditor BPK Andi Bonanganom, dan PNS pada bagian Pemeriksa Keuangan BPK RI Sri Rahayu Pantjaningrum.

"Ketiganya jadi saksi untuk tersangka RSG (Rochmadi Saptogiri)," kata Febri, saat dikonfirmasi, Rabu (12/7/2017).

(Baca juga: KPK Panggil Tujuh Orang Terkait Suap Opini WTP di Kemendes PDTT)

KPK sebelumnya menyimpulkan adanya dugaan tidak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait dengan pemeriksaan BPK RI terhadap laporan keuangan Kemendes PDTT tahun anggaran 2016.

KPK menemukan dugaan korupsi dalam bentuk suap terkait pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh BPK RI terhadap laporan keuangan Kemendes PDTT tersebut.

Pihak yang diduga memberi suap yakni Irjen Kemendes Sugito, pejabat Eselon III Kemendes Jarot Budi Prabowo (JBP).

Sementara pihak yang diduga menerima suap adalah Rochmadi dan Auditor BPK Ali Sadli. Keempatnya sudah menjadi tersangka kasus suap ini.

Kompas TV 3 Ruangan di Kantor Kemendes Masih Disegel KPK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.