Siapa Saja Napi Koruptor yang Ditemui Pansus KPK di Sukamiskin?

Kompas.com - 06/07/2017, 14:21 WIB
Lapas Kelas I A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Kamis (6/7/2017) Kompas.com/Robertus BelarminusLapas Kelas I A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Kamis (6/7/2017)
|
EditorSabrina Asril

BANDUNG, KOMPAS.com - Anggota Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Lapas Kelas I A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Tujuannya disebut untuk menemui napi koruptor, dalam rangka meminta keterangan dari para terpidana korupsi terkait proses penyidikan yang dilakukan KPK kepada mereka.

Siapa saja napi koruptor yang ditemui Pansus Angket KPK hingga, Kamis (6/7/2017) sekitar pukul 13.00 belum diketahui.

Salah satu anggota Pansus Angket KPK, Masinton Pasaribu mengatakan dirinya belum punya informasi siapa saja napi yang akan ditemui. Namun, dia mengatakan tim akan bertemu semua napi di lapas tersebut.

"Ini akan ketemu semua napinya," kata Masinton, di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Kamis siang.

(Baca: Dijadwalkan Jalani Pemeriksaan KPK, Agun Gunanjar Masih di Sukamiskin)

Kompas.com mencoba merangkum beberapa napi kasus korupsi yang tercatat di penjara di lapas tersebut. Misalnya, terpidana kasus gratifikasi proyek Hambalang mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Terpidana kasus suap gula impor Irman Gusman juga ditahan di lapas ini. Kemudian ada terpidana kasus korupsi dan pencucian uang dalam kuota impor daging sapi, Ahmad Fathanah.

Politisi Partai Gerindra sekaligus mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohammad Sanusi yang menjadi terpidana kasus suap terkait rancangan peraturan daerah tentang reklamasi juga ditahan di sini.

Selain itu, mantan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara Amran Hi Mustary juga ditempatkan di lapas ini.

(Baca: Para Guru Besar Minta Jokowi Bersikap Keras soal Pansus Angket KPK)

Napi kasus korupsi lainnya di lapas tersebut yakni Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron, kemudian politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga mantan anggota Komisi V DPR Andi Taufan Tiro, dan lainnya.

Sementara itu, tim Pansus Hak Angket KPK yang terlihat datang ke lapas ini yakni Politisi Partai Golkar sekaligus Ketua Pansus Hak Angket, Agun Gunandjar Sudarsa, Anggota Pansus Angket yang juga Politisi Golkar Muhammad Misbakhun, Politisi Partai Hanura yang juga anggota Komisi III DPR Dossi Iskandar, politisi PDI-Perjuangan Arteria Dahlan, dan Politisi Partai Amanat Nasional Daeng Muhammad.

Mereka masih melakukan pertemuan tertutup di dalam lapas dengan napi koruptor.

Kompas TV Langkah pansus KPK mengunjungi Lapas Sukamiskin pun dinilai semakin mencampuri urusan KPK.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.