Evaluasi Mudik 2017, Integrasi Antarmoda Diperbaiki

Kompas.com - 02/07/2017, 13:13 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau Dermaga 7 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/7/2017). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau Dermaga 7 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/7/2017).
|
EditorSandro Gatra

BAKAUHENI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait akan meningkatkan prasarana transportasi tahun depan.

Demikian ia sampaikan setelah berkeliling memantau jalannya arus balik pemudik di berbagai tempat.

Menurut Budi Karya, salah satu perbaikan yang akan dilakukan adalah transportasi penyeberangan.

"Tadi kami banyak diskusi dengan Pak Fary (Ketua Komisi V) , bagaimana prasarana tahun depan harus ditingkatkan," kata Budi Karya saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (2/7/2017).

"Tadi Pak Fary juga menjelaskan bagaimana kita membuat antarmoda (terintegrasi), dari ferry ke kereta api, dari ferry mobil, dari mobil ke kapal yang lain," tambah Budi Karya.

(baca: Menhub Pantau Pelabuhan Bakauheni, Arus Balik Masih Lancar)

Kendati banyak yang harus diperbaiki, namun Budi mengapresiasi perbaikan layanan yang sudah dilakukan berbagai pihak seperti PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Pertama, penerapan sistem reservasi online. Kedua, penambahan gardu di pelabuhan penyeberangan.

Ketiga, pemisahan pintu masuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

"Karena (perbaikan) itu, terlihat penumpukan kendaraan berkurang. Saya apresiasi semua stakeholder mulai dari ASDP dan Polri yang bertugas di sini (Bakauheni)," kata dia.

Secara umum, Budi juga mengapresiasi kerja sama dan koordinasi yang baik lintas instansi, sehingga musim mudik tahun ini relatif lancar.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X