Kompas.com - 30/06/2017, 22:35 WIB
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kini membuka sistem reservasi online untuk memudahkan para pengguna jasa penyeberangan, Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (30/6/2017). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kini membuka sistem reservasi online untuk memudahkan para pengguna jasa penyeberangan, Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (30/6/2017).
|
EditorErvan Hardoko

BAKAUHENI, KOMPAS.com - Sistem pemesanan tiket online kapal penyeberangan ASDP akan diteruskan setelah musim mudik Lebaran ini usai.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi menuturkan, meskipun baru dirilis 1 Juni 2017, dan efektif digunakan 19 Juni 2017, sambutan masyarakat cukup antusias.

Pada arus mudik lebaran 1438 Hijriah, Faik mengatakan, sebanyak 24 persen penumpang khususnya riute Merak-Bakauheni sudah memesan secara online.

Berdasarkan data ASDP sebanyak 943.371 penumpang yang melakukan penyeberangan dari Merak-Bakauheni. Artinya, sekitar 226.000 di antaranya sudah memesan tiket secara online.

"Kelebihannya banyak, masuknya tidak mengantre lama, tidak perlu ada penumpukan penumpang, tidak perlu repot bayar-bayar di loket," kata Faik ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (30/6/2017).

Baca: Antisipasi Antrean Pemudik di Merak, ASDP Berlakukan Tiket "Online"

Untuk arus balik, Faik memprediksikan 30 persen penumpang ASDP akan memesan tiket secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, masyarakat khususnya di Lampung dan sekitarnya sudah mendapatkan banyak informasi tentang pembelian tiket online lewat berbagai media selama musim mudik.

Faik mengatakan, pada musim libur Lebaran kali ini, memang baru dua penyeberangan yang melayani reservasi online, yaitu Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Namun, kata Faik, sistem reservasi online ini tidak akan berhenti setelah ;liburan lebaran berakhir.

"Ini akan kita lanjutkan di seluruh pelabuhan penyeberangan. Paling dekat yaitu untuk penyeberangan Padang Bai-Lembar," kata dia.

Kendati tertinggal dalam memulai sistem reservasi online, jika dibandingkan kereta api misalnya, namun Faik optimistis, tahun depan sebanyak 50 persen penumpang kapal penyeberangan akan memanfaatkan kemudahan reservasi online ini.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.