Dua Rest Area di Tol Cipali Terpantau Padat

Kompas.com - 30/06/2017, 16:43 WIB
Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek H-2 Lebaran, Bekasi, Jumat (23/6/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahKemacetan Tol Jakarta-Cikampek H-2 Lebaran, Bekasi, Jumat (23/6/2017).
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua titik rest area atau tempat peristirahatan di ruas tol Cipali yang mengarah ke Cikampek terpantau mengalami kepadatan pada H+4 Lebaran, Jumat (30/6/2017) siang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan, antrean panjang kendaraan terjadi di rest area Km 103 hingga Km 115.

Sementara itu, rest area yang terletak di Km 103 mengalami kepadatan hingga 15 kilometer.

"Karena itu kami mengimbau, bagi masyarakat yang sudah di rest area gunakanlah waktu secukupnya, satu jam sudah cukup. Kan istirahat 30 menit sampai 1 jam. Karena masih ada pengguna lain yang masih mau menggunakan juga," ujar Sugihardjo saat ditemui di Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (30/6/2017).

Menurut Sugihardjo, kepadatan tersebut terjadi karena infrastruktur yang ada, seperti toilet dan tempat beristirahat, tidak didesain untuk menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran.

Jika infrastruktur dibangun untuk menampung seluruh kendaraan yang ada saat musim Lebaran, kata Sugihardjo, justru hanya akan menghabiskan banyak anggaran.

Sementara infrastruktur tidak akan dimanfaatkan secara maksimal di luar masa Lebaran.

"Infrastruktur memang tidak didesain untuk arus puncak. Kalau dibuat, maka investasinya banyak, dan di luar puncak arus mudik atau balik jadi mubazir. Mending, dananya buat pembangunan di pinggiran. Jadi memang langkah-langkah optimalisasi yang kami lakukan," ucapnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X