Kompas.com - 07/06/2017, 20:41 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menegaskan bahwa tidak ada arahan khusus untuk Fraksi Partai Golkar di DPR, termasuk dari Ketua Umum Setya Novanto, terkait kursi pimpinan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu menyusul terpilihnya politisi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa sebagai Ketua Pansus Hak Angket KPK.

"Sama sekali dari DPP tidak ada arahan sedikit pun tentang itu," kata Idrus di sela acara buka bersama di kediaman dinas Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2017).

Menurut Idrus, arahan DPP kepada Fraksi Partai Golkar adalah agar apa pun yang dilakukan Pansus Hak Angket KPK bertujuan baik terhadap kinerja KPK.

"Jangan pernah ada sama sekali berpikiran, apalagi berjuang merumuskan pembubaran KPK itu," tuturnya.

Partai Golkar, kata Idrus, pada awalnya justru menginginkan agar PDI Perjuangan yang menjadi ketua Pansus Hak Angket KPK. Hal itu mempertimbangkan posisi PDI-P sebagai partai dengan suara terbesar di DPR RI.

"Karena itu kami penghormatan kepada PDI-P. Tapi PDI-P seperti yang kita tahu, menyerahkan," tuturnya.

Agun Gunandjar terpilih sebagai Ketua Pansus Hak Angket KPK pada Rabu siang melalui rapat tertutup.

(Baca: Agun Gunandjar Jadi Ketua Pansus Hak Angket KPK)

Selain memilih ketua, pansus juga memilih tiga orang wakil ketua, yakni Risa Mariska (PDI-P), Dossy Iskandar Prasetyo (Hanura) dan Taufiqulhadi (Nasdem).

Kompas TV DPR Tetap Bentuk Pansus Hak Angket Terhadap KPK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.