Kompas.com - 01/06/2017, 14:21 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2017). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan dan elemen lainnya agar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tiap keputusan yang diambil. 

Hal itu diutarakan Tjahjo dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Terlebih, kata Tjahjo, Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang-Undang 1945 sudah final bagi Indonesia.

(Baca: Ini Isi Pidato Jokowi pada Hari Lahir Pancasila yang Disebar ke Penjuru Indonesia)

"Setiap keputusan harus mampu menjabarkan sila-sila dalam Pancasila dalam upaya mempertegas empat pilar kebangsaan," kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, Indonesia sudah 71 tahun merdeka, seharusnya tak perlu lagi meributkan Pancasila sebagai dasar negara.

Bahkan Tjahjo yakin, jika sila-sila dalam Pancasila tersebut bisa diambil intinya, Indonesia akan bisa menjadi bangsa yang kokoh.

"Sila-sila dalam Pancasila jelas merupakan bagian yang bagian tidak terpisahkan dalam setiap pengambilan keputusan pembangunan pusat dan daerah," kata dia.

Kompas TV Jokowi Tandatangani Perpres Pembinaan Ideologi Pancasila
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.