Kompas.com - 09/05/2017, 15:05 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpidana kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjalani proses orientasi saat menjalani masa penahanan.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Dusak mengatakan,  masa orientasi itu dikenal dengan Admisi Orientasi (AO).

Setiap tahanan yang baru masuk akan melalui proses ini agar bisa beradaptasi.

"AO artinya orang itu menyesuaikan dengan lingkungan. Kan (rutan) itu lingkungan khusus," kata Wayan, saat ditemui seusai seminar yang digelar Kementerian Hukum dan HAM RI di Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat, Selasa (9/5/2017).

Dalam masa AO ini, tahanan baru akan diberikan pengarahan bagaimana berperilaku, tata tertib di rutan, dan lain sebagainya. Hal ini agar yang bersangkutan dapat menyesuaikan diri.

"Karena biasanya orang baru masuk rutan atau lapas itu stress-nya tinggi," ujar Wayan.

Menurut Wayan, lama waktu AO bergantung pada hasil evaluasi terhadap Ahok. 

Biasanya, masa AO maksimal satu bulan.

"AO itu satu bulan, paling lama satu bulan sudah bisa menyesuaikan diri," ujar Wayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.