Kompas.com - 26/04/2017, 14:53 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menilai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kurang beretika terkait pencalonan sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Pasalnya, Ridwan Kamil yang sempat diusung Gerindra dan PKS pada Pilkada Kota Bandung 2013, kini seolah menunjukkan sinyal penerimaan saat dideklarasikan oleh Partai Nasdem untuk diusung pada Pilkada Jabar.

Adapun Nasdem merupakan partai pendukung pemerintah dan telah menyatakan dukungan pencapresan Jokowi pada Pemilu 2019.

"Gerindra amat sangat baik ke Ridwan Kamil, kami tidak pernah menganggu, merongrong dia. Jadi sangat aneh dia meninggalkan Gerindra," ujar Sodik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

(Baca juga: Nasdem Targetkan Dongkrak Popularitas Ridwan Kamil dalam 3 Bulan)

Sodik pun mengungkapkan, selama pria yang akrab disapa Kang Emil memimpin Bandung, Gerindra sama sekali tak pernah memberikan tekanan atau mengganggu.

"Itu adalah suatu pola yang tidak bagus dalam berpolitik, dalam etika pilkada," kata dia.

Ia pun menyamakan sikap politik Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Kang Emil. Sebab, keduanya sama-sama hengkang dari Gerindra meskipun dalam pilkada sebelumnya sempat diusung Gerindra.

"Kami berpengalaman di kasus Ahok di Jakarta, terus RK. Jadi begitu RK seperti ini, kami ingin fokus dari dalam untuk pencalonan dan akan mencari kombinasi yang baik," kata dia.

(Baca juga: Ini Alasan Gerindra Tak Mungkin Usung Ridwan Kamil pada Pilkada Jabar 2018)

Kompas TV Ridwan Kamil menyatakan, hingga saat ini hanya Partai Nasional Demokrat yang secara resmi menyatakan dukungan kepada dirinya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.