Kompas.com - 21/04/2017, 14:37 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat memberikan sambutan pada pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia-AS di Jakarta, Jumat (21/4/2017). DOK. SETWAPRESWakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat memberikan sambutan pada pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia-AS di Jakarta, Jumat (21/4/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden AS Mike Pence mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia.

Ucapan itu disampaikan Pence dalam pertemuan bisnis antara Indonesia dan Amerika Serikat di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

“Saya merasa terhormat karena dapat hadir bertepatan dengan Hari Kartini,” kata Pence.

Ia mengatakan, Kartini merupakan sosok perempuan yang terus berjuang untuk memperkuat peran perempuan. Apa yang dilakukan Kartini tak hanya menjadi inspirasi bagi Indonesia, tetapi juga dunia.

“Dan di Indonesia, ia adalah contoh yang memicu perempuan untuk memperjuangkan emansipasi mereka,” kata dia.

(Lihat VIK: Menjaga Api Kartini)

Menurut Pence, sulit untuk tidak melihat upaya pemerintah Indonesia dalam memperjuangkan emansipasi perempuan melalui pendidikan. Pasalnya, perempuan memiliki peran penting bagi masa depan Indonesia kelak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Malah sebenarnya ada contoh akan hal itu di ruangan ini. Oleh karenanya berikan saya kesempatan untuk mengucapkan selamat Hari Kartini kepada Menteri Luar Negeri anda, Ibu Retno,” ujarnya.

(baca: Tiga “Kartini” di Amerika Serikat)

“Saya ucapkan selamat Hari Kartini kepada semua perempuan, tidak hanya kepada yang berada di sini, tapi juga kepada yang telah berjasa,” tambah Pence.

Kompas TV Perempuan Kini Melawan Korupsi – Dua Arah Eps Spesial Hari Kartini Bagian IV.mp4
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.