Kompas.com - 20/04/2017, 11:44 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence berbincang di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4/2017). KOMPAS.com/IHSANUDDINPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence berbincang di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4/2017).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence membahas sejumlah hal saat melakukan pertemuan yang biasa disebut veranda talk di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/4/2017) pagi ini.

"Dalam menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Pence, kami berdua telah membahas sejumlah isu baik bilateral maupun internasional," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Pence, usai pertemuan.

Jokowi mengatakan, salah satu isu yang dibahas adalah mengenai komitmen Amerika Serikat untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan Indonesia. Kemitraan strategis ini akan fokus pada bidang bidang kerja sama dan investasi.

"Dan bulan depan akan ada tim yang membahas tentang pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip prinsip win-win solution," kata Jokowi.

Kedua, lanjut Jokowi, sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.

Mike Pence tiba di Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu malam pukul 23.30 WIB.

Wapres Pence didampingi istrinya Karen Pence dan dua putrinya tiba menggunakan pesawat kepresidenan United States of America bernomor 80002.

(Baca: Wapres AS Mike Pence Tiba di Jakarta)

Menurut Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan, kedatangan Mike Pence merupakan sesuatu yang sangat penting bagi hubungan kedua belah negara.

Ia menyatakan, Amerika ingin menunjukkan komitmen serius dalam membangun kemitraan strategis dengan Indonesia.

(Baca: Apa Agenda Kedatangan Wapres AS Mike Pence ke Indonesia?)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X