Kompas.com - 12/04/2017, 18:57 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Junimart Girsang meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki memiliki alasan dan prosedur operasional standar di balik pencegahan Ketua DPR RI Setya Novanto ke luar negeri.

Ia menentang jika ada nota keberatan terhadap pencegahan tersebut, sebab tidak jelas apakah mengedepankan kepentingan pribadi atau lembaga.

"Kalau ada nota keberatan dengan alasan seseorang itu jadi pejabat di suatu tempat dan lembaga itu terganggu kinerjanya, saya menentang keras," ujar Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

"Ini pencekalan kepentingan pribadi atau kepentingan lembaga? Jadi jangan dibenturkan. Enggak boleh begitu," kata dia.

Menurut Junimart, DPR juga memiliki lima pimpinan. Sehingga jika satu orang berhalangan, maka dapat digantikan oleh pimpinan lainnya.

Ia meyakini kinerja DPR tak akan terganggu hanya karena satu pimpinan dicegah ke luar negeri.

"Enggak usah ada ketakutanlah. Biarkan proses hukum berjalan," kata Junimart Girsang.

Sekalipun pencegahan tersebut dianggap melanggar undang-undang, Junimart menilai jalur yang ditempuh seharusnya juga jalur hukum.

"Silakan upaya hukum. Itu kan lebih cerdas, biar rakyat tahu kita paham hukum," tuturnya.

(Baca juga: KPK Minta DPR Hormati Pencegahan Setya Novanto ke Luar Negeri)

Selain itu, jika ada mitra yang melakukan penyimpangan hukum, Komisi III berwenang memanggil dalam rapat kerja untuk meminta penjelasan, termasuk KPK.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.