Kajian Bappenas soal Pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya Rampung 2019

Kompas.com - 10/04/2017, 20:25 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro Iwan Supriyatna/Kompas.comMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional ( Bappenas) tengah mengkaji kemungkinan pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa kajian itu akan rampung pada 2019 mendatang.

"Tahun 2019 mungkin penetapan (hasil kajian) saja," ujar Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Dasar kajian itu yakni fakta bahwa pembangunan ekonomi antara di Pulau Jawa dengan pulau lainnya tidak seimbang. Pembangunan di Pulau Jawa lebih tinggi daripada di pulau lainnya di Indonesia.


"Beban Jakarta dan Jawa itu sudah terlalu berat," ujar Bambang.

(Baca juga: Istana Tegaskan Pemindahan Ibu Kota Perlu Kajian Mendalam)

Jika hasil kajian menunjukkan Ibu Kota dipindahkan ke Palangkaraya, maka kantor pemerintahan saja yang dipindahkan ke sana. Sementara, Jakarta akan menjadi pusat bisnis serta keuangan.

Di Kota Palangkaraya, akan dibangun Kantor Presiden serta kantor kementerian.

Meski demikian, Bambang memastikan bahwa pihaknya akan membuat skema khusus agar pemindahan Ibu Kota tersebut tidak membebani APBN.

Namun, Bambang belum dapat memberitahu lebih lanjut soal sumber pendanaan pemindahan Ibu Kota itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X