RI-Brasil Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Kompas.com - 30/03/2017, 14:21 WIB
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat menandatangani naskah kerja sama di bidang pertahanan dengan pemerintah Brasil, disaksikan oleh Duta Besar Brasil untuk Indonesia Rubem Antonio Correa Barbosa di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017). KOMPAS.com/Kristian ErdiantoMenteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat menandatangani naskah kerja sama di bidang pertahanan dengan pemerintah Brasil, disaksikan oleh Duta Besar Brasil untuk Indonesia Rubem Antonio Correa Barbosa di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Brasil menjalin kerja sama di bidang pertahanan.

Persetujuan kerja sama tersebut ditandatangani Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan disaksikan Duta Besar Brasil untuk Indonesia Rubem Antonio Correa Barbosa di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Selanjutnya naskah persetujuan kerja sama tersebut akan ditandatangani Menteri Pertahanan Brasil Raul Belens Jungmann Pinto di Brasil.

Dengan adanya penandatanganan tersebut Ryamizard berharap kerja sama kedua negara di bidang pertahanan seperti kegiatan militer, industri pertahanan dan bentuk kerja sama lainnya yang telah disepakati akan meningkat.

(Baca: Indonesia dan Perancis Kerja Sama Berantas Terorisme)

"Baru saja kita saksikan penandatanganan MoU kerja sama pertahanan antara kedua negara. Sebelumnya kerja sama hanya sebatas teknis, sekarang sudah ditingkatkan di level pemerintahan," ujar Ryamizard saat memberikan keterangan pers.

Ryamizard menjelaskan, lingkup kerja sama antara Brasil dan Indonesia meliputi, pertama, pertukaran kunjungan delegasi tingkat tinggi militer dan Kementerian Pertahanan kedua negara.

Kedua, pertemuan antar institusi pertahanan dan militer.

Ketiga meningkatkan pengembangan sumber daya manusia pada institusi pertahanan melalui pendidikan.

Keempat, mengenai pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam bidang operasi militer, intelijen dan operasi pemeliharaan perdamaian internasional.

Kelima, pertukaran pengalaman ilmiah dan teknologi pertahanan. Dan keenam, meningkatkan kerja sama industri pertahanan.

(Baca: Sama-sama Negara Besar, Indonesia dan Brasil Harus Jalin Komunikasi)

"Kita akan meningkatkan kerja sama yang lebih luas di bidang pertahanan. Saling tukar menukar informasi, yang jelas terkait pengembangan industri pertahanan karena itu yang paling penting," kata Ryamizard.

"Nanti akan ada grup dalam lingkup yang lebih kecil untuk membicarakan bentuk konkret kerja sama apa saja yang bisa dilakukan," ujar mantan kepala staf TNI Angkatan Darat itu.

Persetujuan kerja sama dengan Brasil itu merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Bersama tentang Kemitraan Strategis antara kedua negara pada 15 Oktober 2008 oleh Kementerian Pertahanan kedua negara di Brasil.

Kompas TV Dalam rangka kunjungan kenegaraanya, Presiden Perancis Francois Hollande tiba di Indonesia.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X