Pemerintah Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Hasyim Muzadi

Kompas.com - 16/03/2017, 15:26 WIB
Mensesneg Pratikno memberikan sambutan pada peresmian pameran bertajuk Goresan Juang Kemerdekaan : Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016). Pameran menampilkan 28 karya dari 20 maestro lukis Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Basoeki Abdullah hingga Presiden Soekarno, berlangsung untuk umum dari 2-30 Agustus. TRIBUN NEWS / HERUDINMensesneg Pratikno memberikan sambutan pada peresmian pameran bertajuk Goresan Juang Kemerdekaan : Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016). Pameran menampilkan 28 karya dari 20 maestro lukis Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Basoeki Abdullah hingga Presiden Soekarno, berlangsung untuk umum dari 2-30 Agustus.
Penulis Krisiandi
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno atas nama pemerintah menyampaikan duka cita wafatnya anggota Dewan Pertimbangan Presiden Hasyim Muzadi.

Ucapan itu disampaikan Pratikno saat memimpin upacara persemayaman dan penyerahan jenazah almarhum dari pihak keluarga kepada pemerintah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/3/2017) sore.

Dalam kesempatan itu, Pratikno juga memimpin doa bersama.

(Baca: Semasa Hidupnya, KH Hasyim Muzadi Sering Jadi Juru Damai Konflik di Negara Lain)

"Semoga kesalahan dan kekhilafan beliau dapat diampuni dan segala amalannya dilipatgandakan," kata Pratikno dalam sambutannya.

Dia juga berharap pihak keluarga mengikhlaskan kepergian almarhum.

"Dengan tabah dan tawakal," ujar Pratikno.

Dari Halim, jenazah Hasyim akan dibawa ke pemakaman di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok.

Pemakaman mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu akan digelar secara militer dan dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam upacara persemayaman tampak anggota Wantimpres, sejumlah pejabat negara dan ketua umum partai politik.

(Baca: Wagub Jatim Sebut Sosok KH Hasyim Muzadi Mirip Gus Dur)

Tampak Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Terlihat pula, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan anggota Wantimpres Suharso Manoarfa.

Hasyim Muzadi meninggal dunia pada Kamis (16/3/2017) sekitar pukul 06.15 WIB.

Hasyim meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X