Jokowi Akan Nonton Final Piala Presiden 2017 di Pakansari

Kompas.com - 12/03/2017, 08:24 WIB
Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan menonton final Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor Jawa Barat, Minggu (12/3/2017).

Laga final ini mempertemukan Pusamania Borneo FC dan Arema FC. Pertandingan akan dimulai pada pukul 19.00.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pengamanan laga final akan diperketat. Tiga Polda akan terlibat pengamanan, yakni Polda Jawa Barat yang dibantu Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Timur. 

"Karena kemungkinan dihadiri pimpinan negara dan melibatkan banyak warga masyarakat yang menonton, kita amankan," ujar Tito dalam konferensi pers di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/3/2017) malam.

(Baca juga: Jelang Final Piala Presiden 2017, Rekayasa Lalu Lintas Dilakukan di Bogor)

Hampir 15.000 personel diturunkan untuk mengamankan Final Piala Presiden 2017. Pasukan terdiri atas 6.029 polisi dari tujuh polres di Jawa Barat, 2.077 polisi dari 15 polres di Jawa Tengah, 2.900 polisi dari Polda Metro Jaya, dan 2.000 polisi dari Polda Jawa Timur.

Khusus untuk Polda Jawa Timur, ada pengamanan ekstra dari satuan Brimob Polri untuk mengawal bus suporter dari Malang.

Sebelumnya, Jokowi pernah menghadiri final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 18 September 2015.

Saat itu, Jokowi menyerahkan langsung piala kepada Persib yang tampil sebagai pemenang. Namun pada Piala Presiden 2017, langkah Persib terhenti pada babak semifinal.

Tim berjulukan Maung Bandung tersebut disingkirkan PBFC melalu adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (5/3/2017).

Sementara itu, Arema melaju ke final dengan memupus perlawanan Semen Padang. Tim Singo Edan, julukan Arema, unggul agregat 5-3 atas Semen Padang. Lima gol kemenangan Arema dicetak oleh striker pengalaman mereka, Cristian Gonzales.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorCaroline Damanik
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X