Raja Salman Ternyata Sosok yang Humoris...

Kompas.com - 10/03/2017, 15:55 WIB
/ AFP PHOTO / POOL / ACHMAD IBRA Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) melambaikan tangan ke awak media di sela-sela pertemuan mereka di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud rupanya adalah sosok yang ramah, hangat, dan humoris. Kesan tersebut ditangkap oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin selama tiga hari mendampingi Raja Salman melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta.

Lukman pun menceritakan salah satu momen saat Raja Salman melawak di depan dirinya dan juga Presiden Joko Widodo. Momen itu tepatnya terjadi saat Raja Salman dan Jokowi hendak melakukan pertemuan di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017) lalu.

Saat itu, Raja Salman menyebut fotografer yang mengabadikan pertemuan bilateral dengan istilah saudara setan.

"Tapi bahasa bercanda," ucap Lukman di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

(Baca: Raja Salman Lama Tinggalkan Saudi, Siapa yang Jalankan Pemerintahan?)

Rupanya, candaan itu mengacu pada pandangan sebagian ulama di Arab Saudi yang masih beranggapan bahwa fotografer dan juru kamera yang adalah sebuah pekerjaan yang haram.

Untungnya, penerjemah bisa menyampaikan pesan humor dari Raja Salman itu dengan tepat sehingga akhirnya Jokowi dan semua yang ada dalam pertemuan itu tertawa mendengarnya.

"Biasanya Raja itu kan kesannya untouchable, tidak tersentuh. Tapi ini beliau orangnya sangat humoris, cepat membuat akrab," tambah Lukman.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSabrina Asril
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X