Kompas.com - 06/03/2017, 15:11 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Samudera Hindia merupakan penopang ekonomi dunia.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3/2017), Presiden mengatakan, lalu lintas perdagangan dunia banyak melalui samudera di selatan Indonesia itu.

"Setengah perjalanan kontainer itu lewat Samudera Hindia. Dua per tiga pengapalan tanker energi itu juga lewat Samudera Hindia dan 2,7 miliar orang tinggal di kawasan IORA," ujar Jokowi dalam pidatonya.

"Oleh sebab itu, Samudera Hindia adalah samudera masa depan dan masa depan ekonomi dunia ada di kawasan ini," kata dia.

Kondisi Samudera Hindia yang strategis itu, menurut Jokowi, sejalan dengan cita-cita pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jokowi ingin programnya itu sejalan dengan kondisi Samudera Hindia.

"Indonesia ingin memperkuat poros maritim untuk di-link-kan dengan IORA," ujar Jokowi yang kemudian disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan.

KTT IORA merupakan kegiatan internasional yang diikuti negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Acara yang berlangsung dari 5 hingga 7 Maret 2017 ini dihadiri 14 kepala negara dan pemerintahan, delapan organisasi internasional, dan tujuh negara mitra wicara.

Kompas TV Harapan Jokowi pada Pembangunan Maritim
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.