Achmad Setyo, Sekretaris MA Pilihan Jokowi yang Paling "Lumayan"

Kompas.com - 06/02/2017, 21:40 WIB
Gedung Mahkamah Agung. KOMPAS IMAGES / DHONI SETIAWANGedung Mahkamah Agung.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Achmad Setyo Pudjoharsoyo  sebagai Sekretaris Mahkamah Agung.

Rekam jejak Pudjo bukan tanpa catatan. Ia pernah memvonis bebas penyelundup bahan bakar minyak Niwen Khoiriah saat menjabat sebagai hakim di Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Belakangan, Niwen akhirnya dijatuhi hukuman 10 tahun dan uang pengganti Rp 6,1 miliar pada putusan kasasi yang di tingkat MA.

Saat disinggung mengenai hal tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan bahwa Pudjo tetap lebih baik daripada dua calon lain yang diajukan MA, yakni Aco Nur dan Imron Rosyadi.

"Kalau dibandingkan dengan usulan lainnya, dia adalah yang lebih lumayan lah. Karena yang lainnya ada beberapa catatan," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Pramono menambahkan, pemilihan Achmad Setyo ini sudah melalui mekanisme tim penilai akhir. Tim ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tim juga mengundang Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dalam mengambil putusan.

Penunjukan Pudjo juga sudah berdasarkan masukan dari Badan Intelijen Negara dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan.

"Dari tiga nama itu Pak Pudjo-lah yang (liability-nya) paling kecil dibandingkan dengan yang lainnya," ucap Pramono.

(Baca: Presiden Jokowi Tunjuk Achmad Setyo Jadi Sekretaris MA)

Pudjo akan menggantikan pelaksana tugas Sekretaris MA Suhadi.

Sebelumnya, posisi sekretaris MA dijabat oleh Nurhadi Abdurachman. Namun ia mengajukan pengunduran diri sebagai Sekretaris MA dan pegawai negeri sipil, setelah terseret kasus suap yang melibatkan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X