Jokowi: Kita Tidak Mau Mengulang Lagu Lama...

Kompas.com - 31/01/2017, 14:11 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas membahas masalah penyelundupan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2017). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas membahas masalah penyelundupan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2017).
|
EditorBayu Galih

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menegaskan kembali tentang pentingnya sinergi antara perencanaan dan penganggaran.

Penegasan itu disampaikan dalam rapat terbatas membahas integrasi perencanaan dan penganggaran demi optimalisasi pembangunan nasional di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1/2017).

"Kita tidak mau mengulang lagu lama, perencanaan dan penganggaran yang tidak rampung. Tidak sinkron antara yang direncanakan berbeda dengan yang dianggarkan," ujar Jokowi saat membuka rapat.

Jokowi menyindir seakan-akan perencanaan dan penganggaran diurus oleh dua pihak yang berbeda.

"Seolah-olah ini ada dua rezim. Rezim perencanaan dan rezim penganggaran," ujar Jokowi.

Ke depan, Jokowi menginstruksikan seluruh menteri untuk memaksimalkan perencanaan dan penganggaran sebuah program agar pencapaiannya benar-benar maksimal dan sesuai dengan sasaran.

Jokowi juga kembali mengingatkan soal prinsip "money follow program" dalam melaksanakan penganggaran dan perencanaan.

Ia tidak lagi mau melihat ada penganggaran dan perencanaan yang mengikuti prinsip "money follow program" namun pada kenyataannya masih mengikuti prinsip lama "money follow function".

"Untuk itu, saya minta Bappenas dan Kemenkeu betul-betul mengawasi proses ini, terutama dalam pertemuan trilateral masing-masing kementerian dan lembaga," ujar Jokowi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X