Kompas.com - 26/01/2017, 15:07 WIB
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al Saud akan berkunjung ke Indonesia pada awal Maret 2017.

Raja Salman akan melakukan beberapa kegiatan bilateral dengan Presiden Joko Widodo dan pejabat negara lainnya.

"Rencananya tanggal 1 hingga 9 Maret, ada beberapa agenda pertemuan," ujar Lukman di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Agenda tersebut saat ini masih dimatangkan bersama Kementerian Luar Negeri. Lukman mengatakan, kemungkinan Raja Salman akan membawa delegasi dalam jumlah besar.

"Karena juga menyertai jumlah rombongan parlemen yang ada di sana, sejumlah tokoh penting, tidak hanya dalam pemerintahan," kata Lukman.

Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Raja Salman pada Maret mendatang, bukan pertama kali dilakukan di era Presiden Jokowi.

Pada September 2015, Jokowi menemui Raja Salman di Arab Saudi dan melobi agar kuota haji Indonesia ditambah.

Pada Januari 2017, Arab Saudi menambah kuota 10.000 orang. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga menormalisasi kuota sebelum dikurangi, yakni 211.000 orang.

Dengan demikian, kuota haji Indonesia pada 2017 menjadi 221.000 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.