Menteri PAN-RB: Rekrutmen CPNS 2017 Tidak secara Massal

Kompas.com - 25/01/2017, 16:11 WIB
Fachri Fachrudin Menpan RB Asman Abnur dalam Seminar bertajuk

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menuturkan, pola rekrutmen CPNS pada 2017 tidak akan secara massal, tetapi memakai formasi khusus.

"Rekrutmen CPNS nantinya tidak secara massal, tetapi ambil ASN dari formasi khusus, yakni dari lulusan sekolah pendidikan kedinasan," kata Asman Abnur di Bandung, Rabu (25/1/2017), seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, salah satu bentuk formasi khusus itu adalah mengalokasikan sebagian kuota untuk penyandang disabilitas dan lulusan pendidikan kedinasan.

"Saudara-saudara kita yang disabilitas juga yang menjadi formasi khusus rekrutmen CPNS. Tahun ini kami buka untuk formasi khusus dan mulai sekarang sudah dibuat formasi," ucapnya.

Menurut dia, untuk bisa mendapatkan PNS yang berkualitas, maka standar nilai akademik peserta CPNS harus ditingkatkan, yakni harus lulusan perguruan tinggi negeri dengan akreditasi "A".

"Dengan format khusus tersebut maka bisa direkrut CPNS yang memiliki kualitas terbaik dari perguruan tinggi terbaik. Kami utamakan ke depan ASN harus bersumber dari jebolan perguruan tinggi akreditasi A, IPK cumlaude. Kalau ASN gitu, saya yakin birokrasi kita akan maju," tuturnya.

Rekrutmen CPNS format khusus, lanjut Menteri PAN-RB, juga akan dikhususkan bagi para atlet yang berprestasi di ajang nasional, seperti PON hingga internasional seperti Olimpiade.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorSandro Gatra
SumberANTARA
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X