Inovatif, Bhabinkamtibmas di Lima Polda Akan Ikuti Pelatihan ke Jepang

Kompas.com - 11/01/2017, 16:25 WIB
Kepala Baharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno Ambaranie Nadia K.MKepala Baharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Lima Polda yang menjadi finalis lomba Polmas Award Kapolri Cup Tahun 2017 berkesempatan mengikuti pelatihan ke Jepang. Keberangkatan mereka didukung oleh Japan International Corporation Agency.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Putut Eko Bayuseno mengatakan, pelatihan akan dilakukan selama 10 hari hingga dua pekan.

"Studi banding di sana, ada polisi yang di desa-desa itu tinggal bersama keluarganya," ujar Putut di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Polisi di Jepang, kata Putut, dikenal dekat dengan masyarakat. Warga sekitar pun tak segan untuk bertanya atau meminta bantuan kepada petugas, bahkan petugas yang di sini setara Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Karena itulah, Indonesia ingin mencontoh bagaimana mereka berinteraksi dengan masyarakat. Putut berharap cara kerja petugas di Jepang bisa diterapkan secara menyeluruh di Indonesia.

"Kalau polisinya sedang bertugas ke luar lalu ada yang lapor, maka keluarganya (polisi) yang menerima laporan," kata Putut.

Sebenarnya cara kerja polisi di Jepang sudah diterapkan oleh beberapa Polda, di antaranya Polda Riau, Polda Metro Jaya, dan Kalimantan Selatan.

Dengan adanya program Kapolri Cup dengan studi banding ke Jepang, Putut berharap Polda lainnya juga bisa menerapkan cara kerja polisi Jepang di wilayah lainnya.

Polda Jawa Tengah meraih posisi pertama sebagai unit kepolisian yang Bhabinkamtibmas-nya berinovasi.

Kapolres Brebes AKBP Lutfi Setiawan mengatakan, mereka menggagas aplikasi e-Bhabinkamtibmas untuk memudahkan masyarakat mengakses petugas setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X