Jokowi Ingatkan Makna Kata-kata Gus Dur "Gitu Aja Kok Repot..."

Kompas.com - 24/12/2016, 06:11 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri haul Gus Dur di Jakarta, Jumat (23/12/2016) IhsanuddinPresiden Joko Widodo menghadiri haul Gus Dur di Jakarta, Jumat (23/12/2016)
Penulis Ihsanuddin
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengenang Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai tokoh yang selalu optimistis memandang Indonesia ke depan.

Selama menjabat presiden keempat RI, Gus Dur tidak pernah merasa takut atau khawatir dalam mengambil suatu kebijakan atau keputusan.

"Beliau tidak takutan, tidak gumunan. Ketika ambil keputusan yang rumit, saya teringat kata beliau, 'gitu aja kok repot'," kata Jokowi saat memberikan sambutan di Haul Gus Dur ke-7 di Jakarta, Jumat (23/12/2016) malam.

Jokowi mengaku mendapat info dari Yenny Wahid, Puteri Gus Dur, bahwa frasa 'gitu aja kok repot' itu terinspirasi dari kaidah fikih. Kaidah fikih itu memiliki arti permudahlah dan jangan dipersulit.

Jokowi pun meminta agar sifat Gus Dur yang selalu optimistis dan tidak suka memperumit keadaan ini dicontoh oleh masyarakat.

"Kita sekarang ini yang mudah dipersulit. Harusnya yang sulit dipermudah. Jangan dibolak balik," ucap Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X