Penyuap Irman Gusman Minta Hakim Kabulkan Permohonan "Justice Collaborator"

Kompas.com - 20/12/2016, 11:57 WIB
Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan Memi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (13/12/2016). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINDirektur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan Memi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (13/12/2016).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi, menyampaikan nota pembelaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Sebelumnya, Xaveriandy dan Memi didakwa menyuap Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman.

"Kami mohon, majelis hakim berkenan mengabulkan permohonan justice collabolator, demi kemanusiaan dan demi anak-anak kami," ujar Memi, saat membacakan pleidoi.

Menurut Memi, ia dan suaminya telah berkata jujur dan bersikap kooperatif dalam proses hukum.

Sejak dalam masa penyidikan, kata Memi, ia dan suaminya bersedia memberikan keterangan dan bukti-bukti yang signifikan, yang dapat membantu penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam nota pembelaan tersebut, Memi dan Xaveriandy juga meminta agar peralatan dan semua perangkat komunikasi yang disita oleh KPK dapat dikembalikan.

"Kami memohon dengan segala kerendahan hati dan penyesalan mendalam, semoga majelis hakim memberi putusan seringan-ringannya dan serendahnya. Kami harus bertanggung jawab terhadap 148 karyawan dan anak-anak kami," kata Memi.

Xaveriandy dan Memi mengajukan permohonan menjadi justice collabolator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum, saat keduanya telah menjadi terdakwa. Surat permohonan diserahkan kepada majelis hakim.

Xaveriandy dan Memi didakwa menyuap Irman Gusman dengan uang sebesar Rp 100 juta. Suap tersebut terkait pengaturan kuota gula impor dari Perum Bulog untuk disalurkan ke Sumatera Barat.

Irman diduga menggunakan pengaruhnya untuk mengatur pemberian kuota gula impor dari Perum Bulog kepada perusahaan milik Xaveriandy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X