Kompas.com - 13/12/2016, 09:08 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di luar kesibukannya sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo kerap menyempatkan diri untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mal.

Biasanya, Jokowi kerap berkunjung ke mal saat akhir pekan bersama keluarganya. Namun, tak jarang juga kunjungan ke pusat perbelanjaan modern itu dilakukan di hari kerja, pada malam hari, setelah menyelesaikan kegiatan saat berkunjung ke daerah.

Di mal, biasanya Jokowi membeli keperluan sehari-hari, mulai dari baju, sepatu, sandal, kaus dalam hingga kaus kaki. Kadang-kadang, Jokowi juga membeli keperluan untuk anak-anaknya.

Dengan berbelanja sendiri ke mal, Jokowi bisa sekaligus menyapa masyarakat yang berkunjung.

Tiap kali kunjungan Jokowi selalu mendapat sambutan antusias dari masyarakat yang hendak mengobrol, bersalaman hingga berfoto bersama.

Dari kunjungan ke mal, Jokowi juga bisa melihat langsung gairah ekonomi di suatu daerah. Berikut kunjungan Jokowi ke mal sepanjang tahun 2016 yang berhasil dirangkum Kompas.com:

1. Dua Mal di Ambon, 4 April 2016.

Di sela-sela kunjungan ke Ambon, Senin (3/4/2016), Jokowi menyempatkan diri untuk berkunjung ke dua mal di kota tersebut.

Setelah melakukan kunjungan kerja seharian, pada pukul 20.00 WIT, Jokowi meninggalkan hotel tempatnya menginap.

Sejumlah wartawan yang baru tiba dari santap malam pun bergegas memasuki mobil wartawan untuk mengejar iring-iringan mobil yang membawa Presiden Joko Widodo.

Malam itu Presiden blusukan ke dua pusat pertokoan di Kota Ambon, yakni Ambon City Center (ACC) dan Maluku City Center (MCM).

Tiba di ACC yang terletak di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, Maluku, pukul 20.30 WIT, Presiden disambut warga Ambon yang tidak menyangka bertemu Presiden.

Mereka pun menyapa dan bersalaman, bahkan tidak sedikit yang mengajak berswafoto dengan Presiden.

Tampak pula beberapa Paspampres yang sibuk mengambil foto dengan menggunakan telepon seluler warga yang berfoto dengan Presiden.

Di ACC, Presiden yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam sempat berbelanja di sebuah Department Store yang berada di lantai dua.

Selama 20 menit berada di ACC, Presiden melanjutkan perjalanan ke MCM di kawasan Tantui, Ambon.

Di sini, sekitar pukul 21.15 WIT, Presiden kembali menyapa dan bersalaman serta berfoto "selfie". Setelah hampir 30 menit berada di MCM, Presiden meninggalkan pusat pertokoan tersebut untuk kembali ke tempat menginap.

2. Mal Suzuya, Banda Aceh, 6 Juni 2016.

SETPRES/LAILY RACHEV Masyarakat sangat antusias menyapa Presiden Joko Widodo yang secara mendadak mengunjungi pusat perbelanjaan Suzuya di pusat Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu (1/6) malam, untuk berbelanja kaus dalam dan kaus kaki.
Kali ini kunjungan ke Mal dilakukan saat Jokowi berkunjung ke Kota Banda Aceh. Setibanya di Banda Aceh, Rabu (1/6/2016) pukul 20.30, setelah menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, dan Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Jokowi tak segera beristirahat.

Jokowi masih terus berkeliling mal Suzuya di tengah Kota Banda Aceh. Selain ditemani sejumlah pejabat dari Jakarta, Jokowi juga ditemani pramuniaga yang memandu berkeliling.

Saat itu, terlihat sejumlah pejabat, di antaranya Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Tim Komunikasi Sukardi Rinakit.

"Saya beli lima kaus, cukuplah sampai (hari) Jumat. Stoknya kurang. Tadi basah kuyup (karena keringat)," kata Presiden berkomentar kepada pers.

Sambil melihat-lihat situasi perekonomian Banda Aceh, Presiden ternyata juga ingin membeli kebutuhannya.

(Baca: Saat Jokowi Beli Kaus Dalam dan Kaus Kaki)

Sebelum membeli kaus dalam, beberapa kali Presiden berhenti di beberapa gerai dan berdialog. Hingga pukul 21.30 WIB, saat Presiden Jokowi mengakhiri aktivitasnya, masyarakat masih berkerumun di pusat perbelanjaan, selain juga ingin mendekati Presiden Jokowi.

Bagi Presiden, keramaian di mal tersebut merupakan indikator perekonomian warga di daerah yang bergairah. Kehadiran Presiden Jokowi di tempat keramaian itu juga ingin menunjukkan bawah Aceh sudah sungguh-sungguh aman.

"Kondisi keamanan di Aceh semakin bagus. Situasi ini membuka peluang semakin banyak program pembangunan yang bisa dikembangkan di Banda Aceh," tutur Presiden sebelum meninggalkan mal Suzuya.

3. Plaza Andalas, Padang, 5 Juli 2016

Sonya Helen Sinombor/KOMPAS Presiden Joko Widodo saat mengunjungi pusat perbelanjaan Plaza Andalas di Kota Padang, Selasa (5/7/2016).

Jokowi juga pernah berbelanja di Mal Plaza Andalas di Kota Padang, Sumatera Barat, di sela kunjungan kerja di kota itu. Jokowi, saat itu, ingin membeli baju lebaran. 

Kepala Negara mengaku ingin melihat roda perekonomian menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Ini kan waktu-waktu agak longgar, seperti ini kan melihat pergerakan ekonomi di toko, di mal, seperti apa, selain bertemu dengan masyarakat," kata Presiden, Selasa (5/7/2016).

Presiden ditemani putra bungsunya Kaesang Pangarep dan putri semata wayang Kahiyang Ayu mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut sekira dua jam jelang berbuka puasa bersama.

(Baca: Jokowi Beli Baju Takbiran di Plaza Andalas Padang)

Presiden Jokowi membeli kemeja warna hijau untuk dikenakan saat takbiran bersama masyarakat di Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Selasa malam.

Masyarakat yang sedang berbelanja di Plaza Andalas tampak ramai saat menyaksikan kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Banyak warga yang menghampiri Presiden Jokowi untuk berjabat tangan dan berfoto bersama menggunakan kamera telepon seluler (ponsel). Presiden pun tampak sabar dan menebar senyum melayani antusiasme warga.

4. Mal Mangga Dua, Jakarta, 1 September 2016

Twitter @Bhinneka Presiden Joko Widodo bersama putranya, Kaesang Pangarep di pusat perbelanjaan komputer Mangga Dua, Jakarta, Minggu (18/9/2016).

Kali ini Jokowi berkunjung ke mal yang khusus menjajakan barang-barang elektronik, yakni Mal Mangga Dua, Jakarta Utara, Minggu (18/9/2016) sore.

Jokowi, terlihat santai sambil ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Setelah berkeliling melihat sejumlah toko, Jokowi berhenti dan masuk ke sebuah gerai yang menjual perangkat komputer dan gadget. 

(Baca: Belanja di Mangga Dua, Jokowi Beli "Gadget" Apa?)

Sebenarnya, tak ada wartawan yang mengikuti kegiatan Jokowi ke mal Mangga Dua. Namun foto Jokowi ramai di bagikan di sosial media.

Dalam foto, Jokowi tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, sementara Kaesang memakai kaus hitam.

Para karyawan toko elekronik tak melewatkan kesempatan berfoto dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Dari sebuah foto yang diunggah oleh akun Twitter Bhinneka, tampak dua kardus putih berbeda ukuran tergeletak di depan Kaesang dan Jokowi ketika berbicara dengan staf toko di sebuah counter.

5. Grand Indonesia, Jakarta, 2 Oktober 2016

akun Twitter Grand Indonesia Presiden Joko Widodo mendadak mendatangi pusat perbelanjaan, Grand Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016). Kehadiran Jokowi membuat para pengunjung berebut ingin foto bersama.

Pada Minggu (2/10/2016) siang, giliran pusat perbelanjaan kelas atas di Jakarta, Grand Indonesia yang di buat heboh oleh Jokowi.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang andalannya tampak sedang jalan-jalan di sana.

Hal itu membuat pengunjung GI berebut minta foto dan salaman. Salah satu pengunjung GI, Riana Ibrahim mengatakan, ia melihat Jokowi pertama kali sekitar pukul 14.30 WIB. Awalnya, dia melihat kehebohan itu dari ground floor.

"Dari ground floor melihat ke lantai satu, kok orang-orang itu heboh banget, akhirnya saya ikut naik," ujar Riana kepada Kompas.com.

Rupanya, kehebohan itu berasal dari orang-orang yang ingin meminta foto dan bersalaman dengan Presiden.

Saat itu, ia melihat Jokowi seorang diri tengah berada di toko sepatu Converse. "Banyak Paspampres, banyak juga orang yang minta salaman," ujar Riana.

Bahkan, ketika Jokowi beranjak ke toko lain, ada banyak pengunjung yang membuntutinya di belakang.

Akhirnya, lanjut Riana, petugas Paspampres mempersilakan para pengunjung untuk berfoto satu per satu dengan Presiden. Mereka juga bersalaman. Bahkan ada yang selfie.

6. Manado Town Square, 18 Oktober 2016

 

Ihsanuddin Presiden Joko Widodo membeli sepatu di Manado Town Square, Selasa (18/10/2016).

Kunjungan ke mal juga dilakukan Jokowi saat kunker ke Kota Manado. Jokowi memanfaatkan waktu senggang untuk jalan-jalan ke mal Manado Town Square, Rabu (18/10/2016) malam.

Kehadiran Jokowi ke mal ini sudah diketahui oleh warga hingga wartawan lokal setempat. Begitu iring-iringan Jokowi tiba di lokasi, warga di lobi mal sudah berkumpul dan langsung menyambut antusias.

Jokowi pun langsung berkeliling ke penjuru mal sambil terus dibuntuti oleh pengunjung. Ia ditemani Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Jokowi mendapat pengawalan cukup ketat. Lebih dari 10 orang pasukan pengamanan presiden terus berada di sekitar Jokowi. Belum lagi pengamanan tambahan yang dikerahkan dari pihak mal.

(Baca: Malam-malam, Jokowi Bikin Heboh Manado Town Square)

Kendati demikian, Jokowi tetap memberi kesempatan kepada warga untuk berfoto bersama. Jokowi memilih warga yang hendak berfoto bersama dirinya.

Setelah itu, baru Paspampres membuka barisan untuk mengizinkan orang yang dipilih berfoto dengan kepala negara. Salah satu petugas Paspampres juga merangkap menjadi juru foto.

Meski berjalan mengitari seluruh penjuru mal, Jokowi hanya mampir ke dua toko. Di toko Buccheri, Jokowi membeli sepatu kulit berwarna hitam. Sementara di Toko Salt n Pepper, Jokowi membeli kemeja biru bermotif kotak-kotak.

"Saya tadi beli sepatu karena diskon," ujar Jokowi kepada wartawan setelah selesai mengitari mal. Jokowi mengaku mengunjungi mall untuk melihat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Manado.

7. Pondok Indah Mall, 20 November 2016

Glori K Wadrianto/Kompas.com Presiden Joko Widodo menikmati akhir pekan dengan mengunjungi Pondok Indah Mall dan dikerumuni warga yang sedang berkunjung, Minggu (20/11/2016).
Presiden Joko Widodo memanfaatkan waktu liburnya, Minggu (20/11/2016) untuk berjalan-jalan di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

Kehadiran Presiden langsung membuat heboh pengunjung mall. "Kirain ada apa nih ramai banget. Kirain ada artis, ternyata Jokowi," kata Glori, salah satu pengunjung mal.

Glori mengungkapkan Jokowi sempat masuk ke Toko Buku Gramedia. Di situ, Jokowi yang mengenakan kemeja putih andalannya sempat bersalaman dan menyapa warga.

Sejumlah pengunjung berkesempatan untuk berfoto dengan orang nomor satu di Indonesia itu. "Paspampres-nya bersedia dikasih handphone sama warga. Jadi anggota Paspampres-nya yang fotoin," ucap Glori.

Sekitar sepuluh menit berada di Toko Buku Gramedia, Jokowi lalu berjalan menyusuri penjuru mal lainnya.

(Baca: Jokowi Bikin Heboh Pengunjung Pondok Indah Mall)

Warga terus mengerumuni Jokowi untuk mengajak bersalaman hingga berfoto bersama. Glori kembali bertemu Jokowi sedang makan di food court.

Saat akan duduk, Jokowi yang dalam pengawalan anggota Paspampres tetap ramai dikerumuni pengunjung mal. 

Dari kunjungannya ke mal kali ini, Jokowi mengetahui kondisi ekonomi dan keamanan di DKI Jakarta tetap terjaga dengan baik.

Demo besar-besaran menuntut proses hukum terhadap calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atas dugaan penistaan agama, sama sekali tidak mempengaruhi keramaian di Ibu Kota saat itu.

"Kemarin saya ke mal juga ramai saja, enggak ada apa-apa. Situasi di pasar juga ramai, di mal juga ramai, di jalan masih macet," kata Jokowi di Istana, keesokan harinya.

8. Balikpapan Superblok, 5 Desember 2016

screenshot Presiden Joko Widodo memamerkan sandal yang baru dibelinya di mall Balikpapan Superblock

Terakhir, Presiden Joko Widodo melakukan blusukan di E-Walk Balikpapan Superblock pada Minggu (4/12/2016) malam, di sela-sela kunjungan kerjanya di Kalimantan Timur.

Presiden yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung tiba di E-Walk Balikpapan Superblock sekitar pukul 20.15 Wita yang langsung disambut meriah para pengunjung mal itu.

Para pengunjung yang kaget dengan kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan langsung mengabadikan dengan ponselnya, walaupun harus berebut dengan pengunjung lainnya.

(Baca: Saat Jokowi "Blusukan" ke Mal di Balikpapan, Beli Kaus dan Sandal)

Presiden yang memakai jaket berwarna hijau juga sempat melayani foto bersama dengan para pengunjung sambil berkeliling di mal tersebut. Jokowi sempat membeli sandal dan kaus warna hitam.

"Tadi beli sandal sama kaus dalam. Kaus dalamnya enam, sandalnya satu," ucap Presiden kepada wartawan.

 

Presiden mengaku bahwa kaus dalam yang dibeli tersebut tiga untuk dirinya sendiri dan tiga lainnya untuk anaknya.

Jokowi mengaku kedatangannya ke E-Walk Balikpapan itu untuk melihat pergerakan perekonomian secara riil di Kalimantan Timur, terutama di Kota Balikpapan.

(Baca: Jokowi Senang Beli Sandal Dapat Diskon 50 Persen Plus 20 Persen)

Jokowi juga sempat mengunggah sandal biru yang ia beli ke akun media sosialnya seperti Twitter dan Istagram. Sandal produksi lokal tersebut dibeli Jokowi dengan harga yang relatif murah karena diskon 50 persen plus 20 persen.

Kompas TV Presiden Jokowi Kunjungi Korban Gempa Aceh

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Komnas Perempuan Usul Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad Diadili dengan UU TPKS

Komnas Perempuan Usul Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad Diadili dengan UU TPKS

Nasional
Komnas Perempuan Minta TNI Terus Dampingi Prajurit Kostrad Korban Pemerkosaan Perwira Paspampres

Komnas Perempuan Minta TNI Terus Dampingi Prajurit Kostrad Korban Pemerkosaan Perwira Paspampres

Nasional
Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad, TNI Didorong Bentuk Kajian

Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad, TNI Didorong Bentuk Kajian

Nasional
Sekjen Gerindra: Pemimpin Tetap Memakmurkan Rakyat meski Tahu Besok Kiamat

Sekjen Gerindra: Pemimpin Tetap Memakmurkan Rakyat meski Tahu Besok Kiamat

Nasional
Gunung Semeru Terus Keluarkan Awan Panas Guguran, Statusnya Naik Jadi Awas

Gunung Semeru Terus Keluarkan Awan Panas Guguran, Statusnya Naik Jadi Awas

Nasional
Indonesia Kalah Gugatan Ekspor Nikel di WTO, Moeldoko Tegaskan Pemerintah Akan Berjuang Habis-habisan

Indonesia Kalah Gugatan Ekspor Nikel di WTO, Moeldoko Tegaskan Pemerintah Akan Berjuang Habis-habisan

Nasional
Wapres Beri Pesan Khusus untuk TNI AU: Kepakkan Sayap dan Terbang Jaga Langit Dirgantara

Wapres Beri Pesan Khusus untuk TNI AU: Kepakkan Sayap dan Terbang Jaga Langit Dirgantara

Nasional
KPK Ungkap Alasan Undang Bupati Bangkalan Tersangka Suap di Hari Antikorupsi

KPK Ungkap Alasan Undang Bupati Bangkalan Tersangka Suap di Hari Antikorupsi

Nasional
Mayor Paspampres yang Perkosa Prajurit Kostrad Ditahan di Pomdam Jaya

Mayor Paspampres yang Perkosa Prajurit Kostrad Ditahan di Pomdam Jaya

Nasional
Bangun Sumur Bor, Kemensos Pasok 10.000 Liter Air Bersih per Hari untuk Korban Gempa Cianjur

Bangun Sumur Bor, Kemensos Pasok 10.000 Liter Air Bersih per Hari untuk Korban Gempa Cianjur

Nasional
Saat Moeldoko Masak Nasgor Sorgum, Teringat Masa Kecil Susah Dapat Nasi...

Saat Moeldoko Masak Nasgor Sorgum, Teringat Masa Kecil Susah Dapat Nasi...

Nasional
Keluarkan Awan Panas Guguran Hari Ini, Gunung Semeru Tetap Berstatus Siaga

Keluarkan Awan Panas Guguran Hari Ini, Gunung Semeru Tetap Berstatus Siaga

Nasional
Moeldoko Yakin Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad Tak Bakal Lolos dari Hukum

Moeldoko Yakin Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad Tak Bakal Lolos dari Hukum

Nasional
Moeldoko: Saya Kurang Setuju Impor Beras, tetapi...

Moeldoko: Saya Kurang Setuju Impor Beras, tetapi...

Nasional
Moeldoko: Semua Kepala Staf Angkatan Disiapkan Jadi Panglima TNI

Moeldoko: Semua Kepala Staf Angkatan Disiapkan Jadi Panglima TNI

Nasional
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.