Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICMI Berharap Forum Kerukunan Umat Beragama Ikut Selesaikan Peristiwa di Bandung

Kompas.com - 07/12/2016, 16:19 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyesalkan pembubaran Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung, Selasa (6/12/2016).

Menurut Jimly, seharusnya ada sikap saling menghormati antarumat beragama.

 

"Saya prihatin, semestinya kita harus menghormati umat beragama lain yang menyelenggarakan ibadah," kata Jimly, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Jimly menilai, tak ada yang salah dengan perayaan Natal di tempat selain gereja.

Mungkin saja hal itu dilakukan karena mempertimbangkan kapasitas gereja yang tidak cukup menampung jemaat.

Ia berharap persoalan ini dapat segera diselesaikan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Bandung sehingga tak menyebar lebih luas dan memicu konflik.

"Kita harus jaga keharmonisan. Jangan sampai umat Nasrani yang notabene warga negara Indonesia merasa tidak nyaman beribadah di negeri sendiri. Dan ini jangan sampai ditiru oleh daerah lain," lanjut Jimly.

Acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/12/2016) malam, dihentikan setelah sejumlah orang datang ke acara tersebut dan meminta acara itu dibubarkan.

Ketua Pembela Ahlus Sunnah (PAS) Muhammad Roin mengatakan, ia dan sejumlah anggotanya meminta penyelenggara KKR menghentikan sesi kedua acara tersebut pada malam hari.

Roin mengatakan, pihaknya tidak melarang aktivitas keagamaan yang diselenggarakan oleh umat agama lain.

Namun, ia meminta agar KKR dipindahkan ke rumah ibadah sesuai dengan Surat Peraturan Bersama Tiga Menteri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com