Jokowi Ucapkan Dukacita atas Wafatnya Fidel Castro

Kompas.com - 27/11/2016, 14:56 WIB
Mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro. AP PhotoMantan pemimpin Kuba, Fidel Castro.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya mantan Presiden Kuba Fidel Castro Alejandro Castro Ruz. Tokoh Kuba yang akrab disapa Fidel Castro itu meninggal dunia pada Sabtu (26/11/2016) kemarin.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam kepada pemerintah dan rakyat Kuba," kata Jokowi di Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Sebagaimana dilansir dari BBC, Castro telah memerintah Kuba sebagai negara satu partai selama hampir setengah abad. Akhirnya, ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul Castro, pada 2008 karena alasan kesehatan.

Para pendukung Castro memuji dia sebagai orang yang telah mengembalikan Kuba kepada rakyat. Namun, para lawannya menuduh dia telah menekan oposisi secara brutal.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sebelumnya menyebut sosok Castro sangat dekat dengan proklamator RI Ir Soekarno. Kedua tokoh itu pada masa jayanya aktif dalam memperjuangkan rakyat di negara masing-masing.

"Fidel Castro teman dekatnya Bung Karno, sama-sama mendukung Gerakan Nonblok dan sama-sama pejuang di negerinya," ujar Kalla.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X