Presiden Jokowi Ingin Proses Negosiasi IA-CEPA Dipercepat

Kompas.com - 03/11/2016, 15:56 WIB
Kristian Erdianto Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri, Edi Yusup, saat memberikan keterangan pers di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginginkan percepatan negosiasi terkait investasi dalam Indonesia Australia Comprehensif Economic Partnership Agrrement (IA-CEPA).

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Edi Yusup mengatakan, keinginan Presiden tersebut akan disampaikan saat bertemu dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada 6-8 November 2016 di Australia.

"Isu yang kemungkinan akan diangkat oleh Presiden antara lain di bidang perdagangan dan investasi termasuk keinginan mempercepat negosiasi IA-CEPA," ujar Edi, saat memberikan keterangan pers, di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Edi mengatakan, Presiden Jokowi ingin proses negosiasi perjanjian tersebut selesai paling lambat akhir 2017.

Jika disepakati, maka kerja sama di bidang perdagangan kedua negara akan meningkat.

Menurut Edi, saat ini pertemuan kelima IA-CEPA tengah berlangsung di Kota Bandung.

"Presiden akan menekankan kembali agar negosiasi ini diselesaikan paling lambat akhir 2017. Jadi kalau disepakati perdagangan kedua negara akan meningkat," kata Edi.

IA-CEPA memiliki keunikan dibandingkan kerja sama FTA Indonesia dengan negara mitra lainnya.

Pada IA-CEPA, yang dipotret dan lingkup kerja samanya adalah sektor-sektor yang sangat signifikan bagi kedua negara.

Sektor yang dapat didorong dari pengaktifan IA-CEPA adalah jasa keuangan, jasa pendidikan, dan jasa tenaga kerja seperti penempatan tenaga kerja perawat dan care giver, serta tenaga kerja pemetik/pemanen buah asal Indonesia untuk dapat bekerja di Australia.



EditorInggried Dwi Wedhaswary
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X