Mendagri Sebut 13 Pulau Kecil Terluar Dibangun Jokowi-JK dalam Dua Tahun

Kompas.com - 27/10/2016, 18:48 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI pada Pilkada 2017, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016). Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Soemarno memastikan Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI pada Pilkada 2017, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016). Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Soemarno memastikan Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menegaskan komitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

Komitmen ini ditunjukkan dengan program pembangunan pulau kecil terluar (PPKT).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam dua tahun terakhir, ada 13 pulau kecil terluar yang sudah dibangun.

Ia menilai, dengan pembangunan pulau-pulau terluar ini, Indonesia sebagai negara kesatuan benar-benar bisa tersambung dari ujung barat ke timur, dan dari utara ke selatan.


"Kalau ada lagu dari Sabang sampai Merauke, sambung menyambung menjadi satu, ini sudah selesai disambungkan," kata Tjahjo dalam diskusi dua tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

(Baca: Ini Hasil Pembangunan Jalan di Papua Selama Dua Tahun Pemerintahan Jokowi)

Mendagri pun lalu menampilkan slide presentasi yang menunjukkan kemajuan pembangunan di 13 pulau yang ia maksud.

Berikut 13 pulau kecil terluar yang dibangun selama dua tahun Jokowi-JK:

1.Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara -Pembangunan Bandar Udara, panjang 1400 Meter -Pembangunan Dermaga -Pembangunan Pos Angkatan Laut Tipe A -Pembangunan Break Water

2. Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur -Pembangunan Bandar Udara, panjang 1600 Meter -Pembangunan Dermaga -Pembangunan Jalan Lingkar

3. Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara -Pembangunan Pasar Sebatik -Pembangunan Jalan Lingkar -Pembangunan Kantor Desa -Pembangunan SMK Sebatik -Pembangunan Mess Operator dan Turap Pusat Pelelangan Ikan Sebatik

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X