Kompas.com - 26/10/2016, 11:31 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Program Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati mengatakan, pelaporan anggaran kampanye perlu dimasukkan dalam Revisi Undang-Undang (RUU) Pemilu.

Ini perlu dilakukan untuk mencegah politik uang marak terjadi.

"Pelaporan dana kampanye jadi bukan hanya saat kampanye. Sebelum dan sesudah kampanye juga ada laporannya," kata Khoirunnisa melalui pesan singkat, Rabu (26/10/2016).

Khoirunnisa menuturkan, dalam menelisik laporan dana kampanye diperlukan suatu lembaga khusus. Ia pun mengusulkan penambahan kewenangan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Bawaslu bisa diberikan kewenangan ini untuk atasi politik uang," ucap Khoirunnisa.

Menurut Khoirunnisa, perubahan sistem pemilu proporsional terbuka menjadi proporsional terbuka terbatas dalam RUU Pemilu tidak mencegah politik uang terjadi.

Sistem pemilu tercantum dalam Pasal 138 ayat (2) dan (3) draf RUU Pemilu.

Adapun, pasal tersebut berbunyi: "(2) Pemilu untuk memilih memilih anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dilaksanakan dengan sistem proporsional terbuka terbatas;"

"(3) Sistem proporsional terbuka terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan sistem Pemilu yang menggunakan sistem proporsional dengan daftar calon yang terbuka dan daftar nomor urut calon yang terikat berdasarkan penetapan partai politik."

"Bukan berarti tidak ada politik uang sama sekali. Politik uang akan berpindah dalam penentuan calon di nomor urut," ujar Khorunnisa.

(Baca juga: Ganti Sistem Pemilu Dinilai Bukan Solusi Atasi Politik Uang dan Masalah Kaderisasi Partai)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.