Sambutan Adat untuk Jokowi di Papua, Mulai dari Koteka hingga Bakar Batu

Kompas.com - 18/10/2016, 18:38 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana disuguhi masakan bakar batu di Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016). IhsanuddinPresiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana disuguhi masakan bakar batu di Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo disambut oleh sejumlah adat khas Papua saat berkunjung ke Yahukimo, Selasa (18/10/2016).

Setibanya di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Jokowi langsung disuguhi pemandangan masyarakat adat yang hanya menggunakan koteka.

Koteka sendiri adalah pakaian asli Papua yang dikenakan untuk menutupi bagian kemaluan pria saja.

Jokowi yang ditemani Iriana Jokowi tampak gembira dengan penyambutan itu. Sambil tersenyum ramah, ia menyalami satu per satu warga yang berbaris mengenakan koteka.

Lalu, seusai menyerahkan bantuan makanan tambahan bagi warga, Jokowi beserta rombongan juga kembali disuguhi makanan adat khas Papua yang dinamakan bakar batu.

Makanan ini dinamai bakar batu karena cara memasaknya menggunakan batu yang dibakar hingga panas membara.

Batu panas itu kemudian dimasukkan ke lubang yang sudah dilapisi daun pisang. Lalu daging ayam hingga umbi-umbian dimasukkan dan di atasnya ditutupi daun pisang dan daun singkong.

Jokowi dan Iriana ikut mengaduk-aduk daun pisang hingga ayam dan umbi-umbian yang berada di bawahnya muncul.

Warga pun langsung menyuguhkan makanan itu diatas piring dan memberikannya kepada Jokowi dan Iriana.

Keduanya sempat mencicipi sedikit ayam serta umbi-umbian yang disajikan sebelum akhirnya meninggalkan lokasi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X