Kompas.com - 12/10/2016, 11:46 WIB
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim dari Museum Madame Tussauds Hongkong akan mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/10/2016) siang.

Tim akan mengukur tubuh Presiden Joko Widodo untuk dibuatkan patung lilin serupa aslinya.

"Betul, pukul 13.00 WIB nanti, tim dari Madame Tussauds Hongkong akan mengukur seluruh tubuh Pak Jokowi dalam rangka pembuatan patung lilin," ujar Kepala Sekretariat Kepresidenan Darmansjah Djumala saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu pagi.

Tim museum akan mengambil data lengkap, mulai dari warna kulit, warna rambut, bentuk wajah, ukuran gigi, bentuk tubuh, hingga ukuran kuku Presiden Jokowi.

Agar patung sama persis dengan aslinya, tim juga akan mengambil foto Jokowi sebanyak 32 pose.

 

(Baca: Madame Tussauds Hong Kong Ingin Buat Patung Lilin Jokowi)

"Itu maksudnya, kalau Pak Jokowi itu sedang posisi tertentu, lalu sudut tubuhnya berapa. Itu dihitung semua agar persis sama dengan yang asli," ujar Djumala.

Setelah proses pengukuran yang diperkirakan memakan waktu selama satu jam, rencananya, tim museum akan mengadakan konferensi pers ditemani pihak Istana.

Museum Madame Tussauds Hongkong sebelumnya mengajukan permohonan agar patung lilin Jokowi ditampilkan menjadi salah satu koleksinya.

Penawaran itu didasarkan oleh polling yang dilakukan pihak museum. Jokowi merupakan sosok yang dipilih terbanyak oleh pengunjung untuk dibuatkan patung lilinnya.

(baca: Istana Setuju Madame Tussauds Buat Patung Lilin Jokowi)

Di bawah Jokowi, ada pula sosok lain yang dipilih pengunjung untuk dibuatkan patung lilinnya, misalnya Hillary Clinton dan Donald Trump.

Pihak Istana menyetujui penawaran Museum Madame itu. Salah satu pertimbangannya, patung lilin Jokowi dapat menjadi ajang promosi Indonesia di mancanegara.

Terlebih lagi, patung Jokowi nantinya akan dipajang dan disandingkan dengan patung lilin tokoh-tokoh di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.