Kompas.com - 03/09/2016, 06:25 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan memandang figur Komjen Pol Budi Gunawan sebagai sosok perwira polisi yang memiliki kompetensi yang tinggi.

Pernyataan tersebut diungkapkannya menyusul keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Budi sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

"Demokrat melihat, memang dari segi profesionalisme, BG (Budi Gunawan) cukup baik sekali. Itu dari segi kompetensi, kemampuan BG sebagai perwira tinggi di Kepolisian," ujar Syarief saat dihubungi, Jumat (2/9/2016).

Adapun saat disinggung mengenai masa lalu Budi yang sempat terganjal kasus hukum saat akan menjadi Kapolri, Syarief menilai hal tersebut sudah dinyatakan tidak ada masalah atau clear.

Syarief yang juga Anggota Komisi I pun menegaskan, pihaknya siap melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan Kepala BIN.

"Kami lihat nanti fit and proper-nya bagaimana. Yang jelas kami Komisi I siap melaksanakan," tuturnya.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat telah menerima surat usulan pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Presiden Joko Widodo. Surat diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jumat pagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.