Visi Poros Maritim Dunia Seharusnya Juga Berbasis Orientasi Darat

Kompas.com - 31/08/2016, 14:14 WIB
Diskusi peluncuran buku 'Arungi Samudra Bersama Sang Naga: Sinergi Poros Maritim Dunia dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21' di Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu (31/8/2016). Dimas Jarot BayuDiskusi peluncuran buku 'Arungi Samudra Bersama Sang Naga: Sinergi Poros Maritim Dunia dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21' di Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu (31/8/2016).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Visi interkonektivitas yang dicanangkan sebagai salah satu pilar dalam Poros Maritim Dunia dinilai penting untuk membangun ndonesia saat ini.

Meski demikian, visi tersebut dinilai tidak boleh hanya berbasis pada orientasi maritim.

Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies Phillips Vermonte menilai, penguatan maritim seharusnya juga didasarkan pada orientasi berbasis daratan (land based orientation).

"Interkonektivitas maritim harus juga didasarkan pada landbase orientation. Kalau tidak, semuanya nanti jadi sia-sia," ujar Phillips, saat diskusi peluncuran buku 'Arungi Samudra Bersama Sang Naga: Sinergi Poros Maritim Dunia dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21', di Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Menurut Phillips, usaha pemerintah yang selama ini membangun interkonektivitas sebagai implementasi Poros Maritim Dunia tidak akan berhasil jika tak melihat kondisi ekonomi masyarakat di daratan.

"Poros Maritim Dunia harus melihat adanya aktivitas ekonomi di daratan. Kalau ingin membangun pelabuhan tanpa memberi insentif ekonomi masyarakat di daratan, dia tidak akan berhasil," kata Phillips.

Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia memiliki lima pilar sebagai wujud pengimplementasiannya.

Lima pilar tersebut, antara lain pembangunan budaya maritim Indonesia, membangun ekonomi maritim, pengembangan infrastruktur dan interkonektivitas maritim.

Lalu, memperkuat diplomasi maritim, dan membangun kekuatan pertahanan maritim.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X