Kompas.com - 29/08/2016, 20:10 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengikuti rangkaian acara kelompok G20 di China pada 4-5 September 2016.

Namun, menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden sudah berada di Tiongkok sejak 2 September. Presiden akan mengawali kunjungan kerjanya dengan bertemu Presiden China Xi Jinping.

"Sedangkan, tanggal 3 September, ada dua pertemuan lain. Pertama, business forum yang diikuti 600 pebisnis Tiongkok (China)," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/8/2016).

"Kedua, dalam bentuk terbatas diikuti beberapa BUMN besar di Tiongkok," kata dia.

Untuk 4 dan 5 September, Presiden dijadwalkan mengikuti acara KTT G20 secara penuh. Retno mengatakan, akan ada lima sesi topik pembicaraan selama dua hari itu.

Presiden Jokowi akan mengisi sesi kedua dengan membahas masalah ekonomi di kawasan Asia Tenggara dan dunia.

Dalam satu dari empat sesi lainnya, Presiden Jokowi diberi kesempatan untuk berbicara mengenai persoalan-persoalan yang berhubungan dengan perekonomian. Salah satunya adalah penanggulangan terorisme.

Retno mengatakan, sepanjang Senin siang hingga sore, ia dan sejumlah menteri lain berbincang dengan Presiden Jokowi membahas mengenai masalah-masalah apa saja yang akan dibawa ke forum tersebut.

"Itulah yang kami bahas secara detail dan para menteri memberikan masukan kepada Presiden untuk kemudian kami bahas ulang (elaborasi). Besok Insya Allah semua persiapan akan selesai," ujar Retno.

Sejumlah menteri yang turut berdiskusi yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Kompas TV Jokowi Resmi Buka KTT OKI
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.