Kompas.com - 24/08/2016, 18:16 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Institute of Good Governance and Regional Development (IGGRD) Eka Simanjuntak menilai, sistem kokulikuler yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, tepat jika diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di kota besar.

Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (24/8/2016).

"Ya untuk kota-kota seperti di Jakarta, iya," ujar Eka.

Akan tetapi, menurut Eka, jika diterapkan, kebijakan itu sebaiknya tidak wajib diterapkan di seluruh sekolah.

Ia mengatakan, tidak semua siswa yang sekolahnya berada di kota besar orangtuanya bekerja.

"Tapi itu pilihan, enggak wajib. Kalau orangtua yang tidak mengawasi anaknya fine, silakan. Kan ada juga sistem penitipan sekolah, tapi itu pilihan saja. Jangan bilang mau diterapkan seluruhnya," kata dia.

"Kan ada keluarga juga yang ibunya enggak kerja. Nah terus gimana gitu?" lanjut Eka.

Sebelumnya, Muhadjir menyebutkan, salah satu alasan dimunculkannya wacana kokurikuler atau yang sebelumnya ramai disebut full day school agar keberadaan siswa dapat selalu terawasi hingga dijemput oleh orangtua mereka yang sibuk bekerja.

Dengan tetap berada di sekolah, para siswa dinilai dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kegiatan kontraproduktif, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya.

Kompas TV Pengamat: Pendidikan Karakter Butuh Proses Panjang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.