Menpan-RB: PNS Tidak Boleh Kalah dengan Pegawai Swasta

Kompas.com - 04/08/2016, 15:02 WIB
Asman Abnur (kanan). asmanabnur.com Asman Abnur (kanan).
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan bahwa pelayanan publik masih menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Asman saat memberikan sambutan acara Silaturahim Idul Fitri 1437 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Jakarta Pusat, Kamis (4/8/2016).

Selama ini kata dia, PNS masih dinilai lambat kalau mengurusi keperluan masyarakat. Dalam hal kinerja, PNS masih kalah dengan pegawai swasta seperti pegawai Bank.

"PNS dianggap kalau mengurusi sesuatu selalu lambat. Nanti jadi fokus tugas saya. PNS tidak boleh kalah dengan pegawai swasta," ujar Asman.

Maka dari itu, Kemenpan-RB akan fokus membenahi masalah pelayanan publik. Selain itu, lanjut Asman, fokus kerja Kemenpan RB yang lainnya terkait pembenahan sistem administrasi penyusunan anggaran.

Ke depan, kata dia, sistem e-budgeting akan diterapkan secara nasional. Standarnya juga akan segera ditetapkan.

"Kalau susun angaran akan ada sistem e-budgeting nya, nanti kalau diaudit jelas, tidak ada lagi disclaimer," kata dia.

Acara silaturahmi juga dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Ketua Komisi Yudisial Fitriciada Azhari, Mantan Menteri Perindustrian Shaleh Husin, Politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung, Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Presiden PKS Sohibul Iman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X