Dicopot dari Mendikbud, Anies Baswedan Akan Aktif Lagi di Indonesia Mengajar

Kompas.com - 28/07/2016, 19:00 WIB
Suasana pagi di kediaman Anies Baswedan. Fabian Januarius KuwadoSuasana pagi di kediaman Anies Baswedan.
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski dicopot dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan tetap berkomitmen di dunia pendidikan.

"Saya pergi tidak akan jauh-jauh dari dunia pendidikan. Saya akan terus," ujar Anies kepada Kompas.com di rumahnya di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016).

"Dulu saya ada di wilayah pendidikan. Kemarin saya ada di pemerintahan. Sekarang saya tidak lagi. Ya kembali ke yang dulu," kata dia.

Anies akan aktif kembali di gerakan Indonesia Mengajar yang telah lama ia geluti. Sebab, dia masih mempunyai jabatan di gerakan itu, yakni sebagai pembina.

"Saya masih punya ruangan di sana. Jadi saya balik saja," ujar Anies.

Terlebih lagi, saat menjadi Mendikbud, ia meluncurkan program guru garis depan. Anies akan menjalin kerja sama dengan menteri penggantinya dalam hal itu.

(Baca juga: Dicopot sebagai Mendikbud, Ini Harapan Anies Baswedan kepada Muhadjir Effendy)

Meski demikian, untuk beberapa hari ke depan, dia memilih untuk menghabiskan waktu bercengkerama dengan istri dan anaknya yang masih kecil.

"Mau santai-santai dulu, mau rileks. Nanti seiring waktu, baru saya mulai lagi," ujar Anies.

Anies dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (27/7/2016), Presiden mengangkat Muhadjir Effendy untuk menggantikan Anies.

(Baca juga: Pagi di Rumah Anies Baswedan, Sehari Setelah Tak Jabat Menteri...)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X