Kompas.com - 27/07/2016, 15:01 WIB
Asman Abnur (kanan). asmanabnur.com Asman Abnur (kanan).
Penulis Krisiandi
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden mengumumkan Asman Abnur, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) jadi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggantikan Yuddy Chrisnandi.

Beberapa saat sebelum diumumkan, pria kelahiran Pariaman, Sumatera Barat 2 Februari 1961 itu mengaku belum tahu dirinya ditunjuk jadi pembantu presiden. "Doakan saja," kata dia kepada Kompas.com.

Dikutip dari laman asmanabnur.com, Asman adalah seorang pengusaha. Saat sekolah, Asman pun membantu orangtuanya berdagang. Usaha utamanya, sebelum merambah ke bidang lain adalah berdagang emas.

Kini, putra pasangan Aburuddin Hamzah dan Nurcaya ini memiliki beberapa toko emas, apotik, SPBU, bank hingga pusat kebugaran.

Ayah dua orang anak ini mendapat gelar sarjana dari Universitas Andalas Padang pada 1990. Lalu melanjutkan ke Universitas Airlangga, Surabaya untuk gelar master. Di universitas yang sama, Asman kini sedang mengejar gelar doktor.

Asman aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Batam dan pernah menjabat sebagai ketua pada 1998-1999. Dia juga jadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam sejak 1999 hingga 2001.

Karier politiknya dimulai pada tahun 2001, dengan menjadi Anggota DPRD kota Batam. Di periode pertamanya sebagai legislator dia duduk di Komisi B membidangi perdagangan, pariwisata dan industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asman kemudian menjadi Wakil Wali Kota Batam pada 2001-2004. Pada 2004, Asman terpilih menjadi anggota DPR dan menjabat Wakil Ketua Komisi XI. Di level partai, Asman juga sempat menjabat Bendahara Umum pada 2005 hingga 2010.

Pada periode 2014-2019, Asman kembali terpilih jadi legislator. Dia melenggang ke Senayan dengan meraup suara tertinggi di Dapil Riau. Sebelum ditunjuk jadi menteri, Asman duduk di Wakil Ketua Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan.

Pada Munas PAN 2015, Asman terpilij jadi Wakil Ketua Umum DPP PAN. Selaim itu dia juga menjabat Ketua Tim Pemenangan Pilkada serentak pada Desember 2015.

Saat duduk di Komisi XI, Asman pernah menjadi pimpinan Tim Teknis Pencalonan Anggota BPK (2009), Pimpinan Panja RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (2009), Pimpinan Pansus Perpajakan Komisi (2008), Pimpinan Panja 3 PERPU Komisi XI DPR RI (2008), Wakil Ketua Pansus Perbankan Syariah (2008).

Kompas TV Presiden Umumkan Reshuffle Kabinet Kerja
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.