Kompas.com - 26/07/2016, 21:01 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo dikabarkan memanggil sejumlah menteri ke Istana Merdeka, Selasa (26/7/2016) malam. Satu per satu pembantu Presiden pun datang ke Istana.

Dari pantauan wartawan, menteri yang datang ialah Menteri Perdagangan Thomas Lembong. Ia masuk dari pintu yang biasa dipakai keluar masuk oleh pejabat.

Adapun menteri lainnya yang masuk melalui pintu Wisma Negara ialah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Ada sejumlah mobil berpelat "RI" lain yang juga datang ke Istana. Namun, tidak diketahui siapa menteri yang berada di dalamnya karena wartawan tidak boleh mendekati pintu masuk Wisma Negara.

Para menteri mulai berdatangan satu per satu sejak pukul 19.10 WIB. Hingga pukul 20.40 WIB, ada menteri yang sudah keluar dan pergi meninggalkan Istana dan ada juga menteri yang masih berada di dalam.

Menteri Yuddy, salah satu menteri yang keluar dari Istana, mengaku bahwa tidak ada yang khusus dari pertemuan itu.

"Enggak ada apa-apa, cuma persiapan buat besok saja ada sidang kabinet paripurna," ujar Yuddy.

Tidak ada seorang pun dari pihak Istana yang mengonfirmasi perihal kedatangan menteri-menteri tersebut.

Meski demikian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang diwawancarai wartawan pada Selasa sore mengatakan, komunikasi Presiden dengan menteri memang intensif.

Oleh sebab itu, ia menganggap wajar jika ada menteri yang dipanggil tiba-tiba.

"Ini bagian dari agenda Presiden yang banyak. Ya rapat terbatas, ya memanggil menteri, dan seterusnya," ujar dia.

Kompas TV Isu Reshuffle Menguat, Apa Kata Presiden?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.