"Reshuffle" Jilid II Akan Diumumkan Langsung oleh Jokowi - Kompas.com

Simak kembali catatan Ekspedisi Kompas Cincin Api “Kelud Revolusi Gunung Api” di edisi khusus epaper.kompas.com dan www.cincinapi.com.

BrandzView

"Reshuffle" Jilid II Akan Diumumkan Langsung oleh Jokowi

Kompas.com - 26/07/2016, 17:01 WIB
Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas membahas Dana Alokasi Khusus di Kantor Presiden, Rabu (11/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perombakan posisi menteri atau reshuffle jilid II dalam Kabinet Kerja dipastikan dilakukan dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan reshuffle jilid I.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa reshuffle menteri kali ini akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Nanti akan diumumkan (oleh Presiden), akan ada pengumuman. Tapi nantinya kalau sudah dipastikan, akan diumumkan," ujar Pratikno ketika ditemui wartawan di gerbang masuk Wisma Negara, Selasa (26/7/2016).

Diketahui, saat merombak kabinet pada bulan Agustus 2015 lalu, Presiden tidak mengumumkannya terlebih dahulu. Saat itu, Presiden langsung melantik menteri baru.

Meski demikian, Pratikno tidak mengetahui kapan pengumuman reshuffle kali ini dilakukan. Apalagi soal siapa saja menteri yang dicopot atau menteri baru, hal itu merupakan wewenang Presiden.

"Itu urusan Presiden," ujar dia. (Baca: Para Menteri Diminta Jokowi Tetap Ada di Jakarta, "Reshuffle" Sudah Dekat?)

Ketika ditanya, apakah mungkin pengumuman itu dilakukan besok pagi, mengingat pada sore hari Presiden akan menggelar sidang kabinet paripurna bersama seluruh menteri dan pimpinan lembaga, Pratikno mengaku tidak mengetahui.

(Baca juga: Rabu Sore, Presiden Jokowi Gelar Sidang Kabinet Paripurna)

"Pokoknya kami ini setiap hari kerja keras enggak karuan. Agenda Presiden setiap hari banyak. Ada Ratas, panggil menteri dan seterusnya," ujar Pratikno.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih

Terkini Lainnya