Kompas.com - 11/07/2016, 18:03 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan KOMPAS.com/Nabilla tashandraMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, mengantarkan anak pada hari pertama sekolah menjadi hal penting bagi pendidikan. Kata dia, hari pertama sekolah merupakan hari bersejarah dalam pelaksanaan pendidikan anak.

"Karena hari pertama hari bersejarah. Sepertiga waktu anak dihabiskan di sekolah. Bertahun-tahun mereka ada di sekolah. Jangan kita anggap sekolah jauh dengan anak," kata Anies di Kompleks Kemdikbud, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Pekan depan, anak-anak Indonesia dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) menjalani hari pertama di sekolah. Anies mengimbau para guru juga dapat mendampingi orangtua yang datang mengantarkan anaknya.

Menurut Anies, menyambut orangtua merupakan langkah awal guru untuk menjalin interaksi.

Guru dapat menjelaskan rencana pembelajaran selama satu tahun, meminta saran kepada orangtua, dan juga meminta kepada para orangtua apa yang harus diperhatikan dari anak mereka.

"Pendidik di sekolah dan orangtua berinteraksi, jadi tidak perlu ada delik aduan. Bangun interaksi sejak hari pertama. Kita ingin ini menjadi pembuka di periode berikutnya. Selama satu tahun ke depan bisa berinteraksi lebih jauh," tutur Anies.

Anies juga mengimbau kepada para perusahaan, baik negeri maupun swasta, untuk memberikan waktu kepada karyawannya saat mengantarkan anak. Ia mengakui hal itu tidak akan mengurangi produktivitas perusahaan.

"Ini kan dilakukannya setahun sekali. Cuma makan waktu dua jam. Saya yakin tidak akan kurangi produktivitas. Kalau setiap hari Senin tentu bermasalah," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.